Selasa, 07 Mei 2013

0 Resiko penyakit tidur larut malam ( begadang )

 Di bawah ini adalah Urutan waktu pada malam hari yang terjadi pada saat Organ tubuh kita bekerja:

1. Malam Hari Jam 21.00 s/d 23
Adalah pembuangan zat-zat tidak berguna / beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang .


            2. Malam Hari Jam 23.00 s/d 01.00 (dini hari)
Saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.Boleh sambil mendengkur…( asal tidak mengganggu tetangga )


3. Dini Hari Jam 01.00 s/d 03.00
Proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur


4. Dini Hari Jam 03.00 s/d Jam 05.00
De-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.


5. Pagi jam 05.00 s/d Jam 07.00
De-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.( jangan buang dikamar tidur ..!!!)


6. Jam 07.00 s/d Jam 09.00
Waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 6:30. Makan pagi sebelum pk 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9-10 daripada tidak makan sama sekali. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 04.00 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah.

 

Bagi pekerja yang sibuk dengan tugas-tugas kantor dan mahasiswa yang sibuk dengan tugas-tugas perkuliahan, tidur larut malam sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Tapi tahukah bahwa sering tidur larut malam itu memiliki efek yang cukup berbahaya bagi kesehatan?

Kebiasaan tidur larut malam bisa menyebabkan kelelahan pada pagi harinya, yang membuat merasa malas untuk melakukan berbagai aktivitas. Dan yang lebih berbahaya lagi, sering tidur larut malam dapat memicu timbulnya diabetes dan penyakit jantung.

Menurut Prof. Philippe Froguel dari Imperial College London, kontrol gula darah adalah salah satu dari banyak proses yang diatur oleh jam biologis tubuh. Salah satu jam biologis tubuh adalah tidur. Jadi, jika proses tidur terganggu maka akan berdampak pada terganggunya kontrol gula darah. Nature genetics melakukan penelitian terhadap 20 ribu pekerja shift malam. Dan dari hasil penelitian terbukti bahwa pekerja shift malam rentan terhadap penyakit diabetes dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, kesehatan adalah prioritas nomer satu. Walaupun pekerjaan itu, tugas itu penting tetapi lebih penting lagi kesehatan diri sendiri. Jika bukan diri sendiri yang menjaga kesehatan, lalu siapa lagi???.

Wah, bisa sobat Bayangkan betapa bahayanya apabila kita merubah mekanisme yang dilakukan oleh tubuh.
Apabila sobat punya niat begadang Lagi, Sebaiknya Urungkan Niat sobat untuk begadang..
Semoga Bermanfaat..

 

 

 

 

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates