Senin, 12 November 2012

0 Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Motor yang Benjol



 

Minggu pagi sebelum mengantar keponakan latihan sepak bola, saya dikejutkan oleh sesuatu. Ternyata ban sepeda motor kesayangan saya bagian belakang terkena kanker alias benjol.
Ada satu benjolan yang cukup besar dan membuat saya khawatir. Pasalnya motor saya masih tergolong baru dan bannya pun masih bagus. Akhirnya saya putuskan untuk browsing di internet, mencari tahu penyebab ban motor kanker dan cara mengatasinya.
Dan akhirnya apa yang saya caripun ketemu. Penyebab ban motor kanker atau benjol adalah karena adanya benturan yang cukup keras saat motor melintasi jalan berlubang. Kalau benturanya cukup keras bisa menyebabkan kawat yang terdapat dalam ban luar itu putus. Sehingga benjolanya cukup besar dan bannya pun harus diganti.
Saya sempat galau sekali, kalau kawat ban motor saya beneran putus berarti harus ganti ban baru. Padahal kondisi keuangan saya sekarang sedang krisis. Untunglah ban motor saya cuma kanker biasa dan tidak begitu parah. Kawat ban tidak putus. Cuma ada udara yang terperangkap di dalam ban, sehingga menimbulkan benjolan.
Cara mengatasinyapun cukup mudah. Berdasarkan hasil browsing di internet, untuk mengatasi ban motor yang kanker itu cukup ditusuk saja pakai jarum atau peniti. Agar udara yang terperangkap di dalam bisa keluar. Tapi perlu diingat, menusuknya harus pelan-pelan supaya ban dalam tidak ikut tertusuk. Soalnya kalo ban dalam sampai tertusuk maka bisa menimbulkan kebocoran. Setelah ditusuk pake jarum, ban harus ditekan-tekan supaya udara yang terperangkap di dalam bisa keluar dan lubang yang timbul akibat tusukan jarum bisa segera tertutup.



Karena belum pede melakukanya sendiri, akhirnya saya meminta tolong kepada kakak saya yang lebih berpengalaman untuk melakukanya. Dan cuss sekali tusuk akhirnya benjolanpun secara perlahan mulai menghilang. Sambil ban terus ditekan-tekan supaya udara yang terperangkap terus keluar dan lubang yang timbul akibat tusukan jarum bisa kembali tertutup. Dan akhirnya selesai banpun sudah kembali seperti semula.
Begitulah triknya kawan. Kalau ban motormu kanker jangan panik dulu yah?

0 komentar:

Posting Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates