Senin, 12 November 2012

0 Tips MENGIRITkan BENSIN PADA MOTOR MATIK




Motor matik memang jenis kendaraan bermotor yang menjadi primadona, karakter motor yang mudah di kendarai khususnya motor matik yang simpel dan memudahkan penggunanya terutama di perkotaan yang pada akan lalu lintas, menjadikan motor pilihan utama untuk menunjang aktifitas sehari-hari, karena daya tampung bensin terbatas khususnya kelas bebek dan matik terkadang motor terasa boros, apalagi ketika jalanan macet, biasanya keluhan lebih banyak di utarakan pada motor matik di banding motor bebek bergigi, hal itu sudah lumrah karena rpm motor matik lebih tinggi di banding motor bebek bergigi, untuk mengatasi itu semua di bawah ini ada beberapa tips sederhana untuk mengatasi hal itu semua

1. Jangan panaskan mesin lama-lama
Memanaskan mesin sebenarnya sama saja membuang bahan bakar dalam kondisi kendaraan tidak digunakan. Tiga menit sudah cukup. Bahkan tekhnisi bengkel  berujar bahwa mesin zaman sekarang sebenarnya tidak perlu dipanas-panaskan. "Tujuan memanaskan mesin itu zaman dulu untuk mengalirkan oli karena bentuk mesin tegak. Sekarang mesin sudah rebah, dan oli ukuran sekarang rata-rata 10/30 sehingga kita jangan khawatir akan mengental jika tidak dipakai," urainya.

2. Ikuti irama mesin, jangan gas tiba-tiba

Ini biasanya terjadi karena kita tidak sabar. Rasanya, misalnya, ingin lekas-lekas menggeber gas selepas lampu merah. Padahal, akan lebih hemat jika tuas digas seirama atau perlahan-lahan sesuai tarikan mesin.

3. Perawatan mesin
Ini mengapa bengkel resmi menetapkan batas khusus kapan pengguna, khususnya sepeda motor matik, harus servis rutin (2.000 cc-2.500 cc). Jika kerja karburator, oli, dan lainnya baik, maka tarikan pada mesin pun tidak berat sehingga pengguna tidak merasa sepeda motornya kurang tenaga. Alih-alih memilih memuntir tuas gas lebih jauh dan alhasil muntahan bensin lebih banyak.

4. Rajin periksa tekanan angin ban
Jika ban kurang angin, otomatis gerak motor jadi lebih berat. Ini sama halnya dengan mesin yang tidak terawat dan membuat pengendara senewen ingin terus gas penuh karena merasa tenaga mesin kurang mantap.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates