Minggu, 03 Maret 2013

0 Daftar Artis Yang Jadi Bakal Caleg Pemilu 2014


         Pada Pemilu 2009, sebanyak 18 artis lolos menjadi anggota DPR. Jumlah terbanyak diraih Partai Demokrat yang meloloskan tujuh artis. Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat Ingrid Kansil menyatakan, partainya memang hanya memberdayakan artis dan lebih selektif mengambil caleg bukan sekedar votegetter, karena tugas anggota parlemen itu tidak mudah dan kompleks. Dia berpendapat, artis duduk di parlemen itu sah dan tidak perlu dipermasalahkan. Sebab, artis tetap merupakan warga negara yang memiliki hak berpolitik baik memilih dan dipilih. Akan tetapi, caleg dari artis perlu memperbanyak pengetahuan tentang dunia politik. Pasalnya, publik dan konstituen yang memilih juga bakal menilai bagaimana kinerja dan visi artis dalam masa kampanye.


Arzeti Bilbina


           Fenomena selebritis terjun ke dunia politik masih akan berlanjut di Pemilu 2014. Beberapa selebritis telah mendaftar sebagai bakal caleg partai politik. Siapa saja mereka?

Tak bisa dipungkiri, popularitas kalangan selebritis memang sangat tinggi. Bagaimana tidak, sorotan media terhadap kehidupan kaum selebritis membuat mereka dikenal luas oleh masyarakat.

Hal ini membuat parpol melirik kalangan selebritis. Bukan apa-apa, popularitas yang tinggi bisa jadi 'magnet' untuk meraup suara di Pemilu 2014.

Parpol pun bergerilya untuk meraih simpati kaum selebritis dengan ideologi ataupun tawaran posisi politik. Kaum selebritis pun tinggal pilih, kebanyakan parpol akan menyambut dengan tangan terbuka. Tak ada yang salah, Undang-undang pun tak melarang.

Ini beberapa selebritis Indonesia yang telah mendaftar menjadi bakal caleg untuk Pemilu 2014.


1. Irwansyah
Gerindra resmi menggaet artis Irwansyah untuk Pemilu 2014. Artis yang belum lama ini dibebaskan BNN karena tak terbukti narkoba ini telah terdaftar sebagai bakal caleg Gerindra dan ditempatkan di daerah pemilihan (dapil) Tangerang.

Irwansyah diperkenalkan di kantor DPP Gerindra di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (14/2/2013) oleh Sekjen Partai Fadli Zon.

"Kami senang sekali karena Irwansyah adalah artis yang tidak ada masalah. Punya visi yang sama dari kami di Gerindra," kata Fadli saat memperkenalkan Irwansyah.

Irwansyah mengaku sangat senang dapat bergabung dengan Gerindra untuk Pemilu 2014. Dia juga secara khusus mengagumi sosok Prabowo, Ketua Dewan Pembina Gerindra.

"Saya berminat untuk ke Gerindra karena salah satu partai yang cukup besar. Pak Prabowo saya rasa pantas untuk jadi presiden, Gerindra pantas untuk mengatur Indonesia," kata Irwansyah.

Irwansyah dikenal sebagai aktor dan penyanyi. Pria kelahiran Jakarta 6 Maret 1985 ini pernah menelurkan hit "Pecinta Wanita" yang meraih double platinum. Dia membintangi sejumlah sinetron dan film layar lebar seperti Heart, Love is Cinta, dan Mudik. Pada 2011, dia menikahi selebriti Zaskia Sungkar.



2. Desy Ratnasari
Penyanyi dan aktris Desy Ratnasari akan maju sebagai caleg dari PAN. Bersama Desy, ada pasangan Ikang Fawzi dan Marissa Haque.

"Ada Ikang Fawzi, Doktor Marissa Haque dan Mbak Desy Ratnasari, dia hampir doktor juga lho," kata Ketua DPP PAN, Tjatur Sapto Edy, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (15/1/2013) lalu.

Tjatur mengatakan pertimbangan utama memilih para artis tidak hanya dari sisi popularitas, tapi juga dari kapabilitas mereka sebagai anggota DPR nantinya. PAN sangat selektif dengan pemilihan calegnya.

"Caleg PAN harus mempunyai kapasitas, kredibilitas dan harus punya track record yang baik. Dia juga harus bisa menggaet massa," ujar Tjatur.


3. Arzeti Bilbina
PKB kedatangan artis-artis yang ingin bergabung menjadi Caleg. Para artis itu siap berjuang mengerek suara PKB di 2014. Salah satunya adalah peragawati Arzeti Bilbina.

Secara resmi Muhaimin atau Cak Imin menerima para artis itu di DPP PKB di Menteng, Jakarta, Kamis (28/2/2013) lalu. Tercatat ada Krishna Mukti, Arzeti Bilbina, Mandala Soji, dan Kubil.

"Para artis ini bisa membantu elektabilitas partai," kata Cak Imin saat itu.

Cak Imin pun tampak sumringah. Cak Imin memastikan para artis ini akan maju di 2014.

"Mereka akan jadi Caleg di pemilu 2014," tuturnya.


4. Hengky Kurniawan
PAN kerap disebut sebagai partai artis. Sebab memang banyak artis yang memperkuat barisan caleg PAN. Selain Desy Ratnasari dan pasangan Ikang Fawzi-Marissa Haque, ada juga Hengky Kurniawan dan Lucky Hakim yang terdaftar sebagai bakal caleg PAN.

Wasekjen PAN Teguh Juwarno mengungkap bahwa pesinetron Lucky Hakim dan Hengky Kurniawan telah mengikuti tahapan seleksi di PAN. "Sedang mengikuti tahap seleksi," kata Teguh saat dihubungi, Senin (14/1/2013) lalu.


5. Charles Bonar Sirait
Golkar menambah nama selebritis dalam jajaran calegnya. Presenter Charles Bonar Sirait terdaftar sebagai bakal caleg PAN.

"Salah satunya adalah presenter Charles Bonar Sirait," kata Jubir Golkar, Tantowi Yahya, kepada detikcom, Selasa (15/1/2013) silam.

Selain Charles, Tantowi mengatakan sudah ada beberapa caleg Golkar yang berasal dari kalangan artis. Namun jumlahnya memang tak banyak.

Tantowi memaparkan Golkar tak asal-asalan merekrut caleg dari kalangan artis. Selain populer, artis yang ingin jadi caleg Golkar juga harus kompeten di bidangnya. Artis tersebut juga harus siap untuk tidak diperlakukan spesial di Golkar.

"Selain caleg tersebut populer dan kompeten, yang bersangkutan juga harus mempunyai integritas dan loyalitas tinggi dan siap untuk tidak dianakemaskan," pungkasnya.




6. Dwiki Darmawan
Komposer Dwiki Darmawan menambah koleksi artis PAN. Dwiki mencalonkan diri sebagai caleg DPR dari PAN untuk Pemilu 2014 mendatang.

"Yang baru Dwiki Darmawan, maju dari Dapil DKI Jakarta 2," kata ketua DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, usai berdiskusi di Kantor Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakpus, Jumat (1/3/2013) lalu.

Menurutnya, masuknya nama Dwiki sebagai caleg PAN adalah atas inisiatif yang bersangkutan, bukan atas rekrutmen PAN. Dwiki telah secara resmi mendaftar di DPP PAN.

"(Alasan memilih PAN) karena mereka merasa nyaman dengan PAN. Di PAN itu kekerabatannya relatif tinggi," kata Viva.



7. Ananda Mikola dan Moreno Suprapto
Masih dari Gerindra dua pebalap yang juga akrab dengan dunia selebritas, Ananda Mikola dan Moreno Suprapto dipastikan akan maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Gerindra.

"Iya (Ananda dan Moreno maju sebagai caleg Gerindra)," kata Sekretaris Fraksi Gerindra, Edhie Prabowo dalam pesan singkat, Jumat (22/2/2013) lalu.

Namun Gerindra belum menentukan dapil untuk dua kakak beradik itu.



sumber: detik.com


0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates