Sabtu, 16 Maret 2013

0 Cara mengejutkan melindungi jantung dan mencegah penyakit jantung


        Pesatnya perkembangan kasus penyakit jantung dan pembuluh darah didunia bisa kita lihat dari laporan WHO di Jenewa tahun 1998. Prosentase jumlah kematian dengan penyebab utama serangan jantung dan pembuluh darah menurun dinegara maju. Tahun 1985 angkanya pada 51,0%, sedangkan tahun 1990 menurun mencapai 48,0%, dan pada tahun 1997 sudah mencapai 46,0%. 
Tren ini berbeda dengan negara berkembang yang angkanya meningkat terus, dari 16,0% pada tahun 1985 menjadi 17,0% pada tahun 1990 hingga 24,0% pada tahun 1997. Survei kesehatan rumah tangga (SKRT) di Indonesia diperoleh hasil yang sama tahun 1975 kematian akibat penyakit jantung hanya 5,9 %, tahun 1981 meningkat sampai dengan 9,1 %, tahun 1986 melonjak menjadi 16,0 % dan tahun 1995 meningkat menjadi 19,0%. 
Ada banyak cara untuk melindungi jantung. Seperti makan makanan bergizi dan rajin berolahraga. Namun cara untuk mencegah penyakit jantung yang satu ini berbeda dan cukup mengejutkan. Simak selengkapnya sebagaimana yang dilansir dari Third Age berikut ini.
Menjaga kesehatan gigiSepertinya gigi tidak ada hubungannya dengan jantung. Tetapi tunggu dulu, ternyata infeksi yang menyerang gusi bisa memicu inflamasi dalam pembuluh darah - kondisi yang sudah dibuktikan melalui penelitian yang mampu memicu penyakit kardiovaskular. Jadi jaga kesehatan gigi Anda untuk mencegah penyakit jantung.
Pergi berliburTidak perlu pergi ke luar negeri atau menghabiskan banyak uang jika ingin liburan. Anda cukup jalan-jalan ke pantai atau berkemah di gunung demi mencegah penyakit jantung. Pergi liburan minimal dua kali setahun bukan cuma menyenangkan, tetapi juga baik bagi jantung.
Tidur cukupMenjaga kesehatan jantung juga sebenarnya cukup dilakukan dengan memenuhi kebutuhan tidur. Jadi penuhi kebutuhan tidur setidaknya delapan jam setiap malam. Pasalnya penelitian sudah membuktikan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari enam jam punya risiko dua kali lipat terkena penyakit jantung.
Vaksin fluOrang dewasa yang divaksin juga memiliki risiko serangan jantung 20 persen lebih rendah. Apa hubungannya? Rupanya infeksi saluran pernapasan mampu meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu jangan malas melakukan vaksin untuk melindungi kesehatan pernapasan dan jantung.
Makan cokelatPecinta cokelat terbukti 37 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Hal itu dibuktikan dalam sebuah penelitian dari Inggris. Bukan cuma penyakit jantung, diabetes juga bisa dicegah dengan makan cokelat. Syaratnya cuma satu, cokelat harus yang mengandung 70 persen cacao.
Berjemur di pagi hariMatahari pagi adalah sumber vitamin D yang murah dan mudah didapat. Selain memenuhi kebutuhan vitamin D, berjemur di pagi hari juga menurunkan risiko penyakit jantung. Sebab berbagai penelitian sudah membuktikan kalau kekurangan vitamin D membuat seseorang berisiko terkena penyakit jantung.
TertawaCara mengejutkan yang terakhir untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan tertawa. Misalnya melalui kebiasaan menonton film lucu atau terhibur oleh humor teman. Dengan tertawa, stres menurun dan membuat aliran darah dalam pembuluh menjadi lebih tenang. Risiko penyakit jantung pun berkurang jika seseorang sering tertawa.
Itulah berbagai cara mengejutkan sekaligus menyenangkan untuk mencegah penyakit jantung. Selamat mencoba!




sumber:http://www.merdeka.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates