Jumat, 22 Februari 2013

0 KIAT MENGATASINYA CEMBURU SAAT BERPACARAN


Setiap pasangan yang saling menyayangi pasti pernah dihinggapi rasa cemburu. Rasa ini bisa menjadi bumbu dalam suatu hubungan. Tetapi, cemburu yang bagaimana, sih, yang masih dianggap normal, dan bagaimana cara mengelolanya?
Rasa cemburu dalam hubungan asmara memang wajar, namun rasa tersebut juga menjadi salah satu penyebab putusnya hubungan. Cemburu berlebihan bisa menyebabkan sikap posesif terhadap pasangan, hingga mencegah hubungan tersebut untuk berkembang.
Agar rasa cemburu tersebut tetap sehat atau Kamu ingin mencegah datangnya rasa cemburu itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.
Komunikasi
Meski terdengar klise, tapi komunikasi merupakan cara terbaik untuk menjaga kelanggengan hubungan asmara. kamu dan pasangan harus bisa saling berbagi, tentang perasaan, apa yang disukai, atau apa pun juga untuk saling mendekatkan diri. Asalkan kamu bisa menikmati waktu berkualitas dengan pasangan untuk saling berbagi pikiran, rasa cemburu akan dijauhkan dari hubungan kamu.
Pupuk rasa percaya
Cemburu dalam hubungan asmara terjadi ketika ada kurang kepercayaan terhadap pasangan. Agar bisa saling percaya, maka kamu juga harus saling terbuka dengan pasangan. Jangan ada perasaan yang ditutupi, hanya karena kamu merasa tak enak membicarakannya pada pasangan. Kadang rasa cemburu juga bisa datang pada hubungan asmara yang sudah stabil, karena pasangan tidak diberitahu mengenai hubungan masa lalu atau ada kelemahan lainnya yang tidak diceritakan.
Trauma masa lalu
Rasa cemburu juga bisa dengan mudah muncul, ketika kamu atau pasangan mengalami trauma masa lalu. Jika kamu pernah mengalami kejadian tak mengenakkan di masa lalu, kadang rasa takut itu muncul kembali di hubungan asmara kamu saat ini. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menceritakan ketakutan kamu itu kepada pasangan. Selain itu, kamu juga harus memberi kesempatan pada pasangan untuk menunjukkan bahwa dia bisa dipercaya dan jangan langsung bersikap curiga.
Cemburu merupakan reaksi yang kompleks terhadap perasaan terancam akan hubungan yang sedang dijalin. Berbeda dengan rasa benci, cemburu selalu melibatkan rasa takut akan kehilangan. Cemburu melibatkan perasaan, pikiran dan tingkah laku dalam ruang yang sangat luas. Perasaan yang terlibat adalah sakit, marah, gusar, benci, takut, sedih, dukacita dan merasa dihina.
Cemburu juga melibatkan pikiran-pikiran seputar dendam, rasa menyalahkan, membandingkan dengan saingan, cemas akan pandangan orang, serta mengasihani diri sendiri. Dampak dari rasa cemburu bisa terlihat pada tingkah laku, berupa rasa akan pingsan, gemetar dan berkeringat, tidak berhenti bertanya, dan mencari penenteraman hati, bertindak agresif, bahkan kekerasan.

Cemburu yang menumbuhkan rasa cinta
Selama cemburu datangnya tidak terlalu parah dan munculnya hanya sekali-sekali, maka cemburu merupakan suatu peringatan bagi masing-masing pasangan untuk tidak bersikap seenaknya dan mendukung masing-masing pasangan untuk saling menghormati dan berusaha membuat pasangannya merasa dihargai. 

Cemburu memperkuat perasaan
Berhubungan intim terasa lebih kuat dan seks menjadi lebih menggairahkan. Pada kadar yang kecil, cemburu dapat merupakan pengaruh positif pada suatu hubungan. Tetapi bila cemburu menjadi berlebihan dan tidak rasional, ceritanya akan menjadi lain.

Cemburu yang menghancurkan cinta
Kadang-kadang perasaan cemburu dapat menjadi berlebihan. Misalnya, seorang suami marah-marah hanya karena istrinya diajak berdansa oleh seorang teman lamanya, atau ketika seorang istri cemburu buta karena atasan suami adalah seorang wanita yang menarik.

Reaksi-reaki di atas dapat menimbulkan ketegangan antara kedua belah pihak, menyebabkan salah satu pasangan merasa dilupakan dan tidak dihargai. Sementara bagi pasangan yang cemburu, perasaannya bingung antara menyalahkan diri sendiri dan menganggap sikapnya benar.

Bila andalah yang cemburu
Mengatasi rasa cemburu membutuhkan kesabaran dan kerja keras. Bila kamu menyadari bahwa sifat cemburu yang kamu miliki berasal dari masalah yang dialami waktu masih kecil, sebaiknya kamu berkonsultasi kepada seorang ahli. Bila pasangan kamu baru saja berselingkuh, sebaiknya selesaikan dulu masalah-masalah yang bersangkutan sebaik-baiknya.

YANG BISA DILAKUKAN 

Berikut ini beberapa hal yang dapat kamu lakukan:

- Selidiki faktanya
Lihat dari sudut pandang yang positif apa yang membuat kamu cemburu, kemudian tanyakan diri kamu apakah perasaan terancam yang kamu rasakan masuk akal. Apa buktinya bahwa hal tersebut membahayakan hubungan? Apakah sifat cemburu kamu membuat situasi menjadi lebih buruk? 

- Berpikir positif 
Bila kamu mulai merasa sakit hati karena cemburu, ingatkan diri sendiri bahwa pasangan mencintai dan menghargai kamu, dan sudah berkomitmen atas hubungan yang kamu bina. Katakan pada diri sendiri, kamu cukup menarik dan pantas disayang dan dicintai, dan tidak ada yang harus kamu takuti.

- Tenangkan hati
Salah satu cara terbaik untuk meredakan rasa cemburu adalah dengan menanyakan langsung kepada pasangan. Pastikan kamu tidak mengomel atau menggertak seenaknya. Katakan kepada pasangan tentang perasaan tidak tenang dan tidak aman yang kamu rasakan. Minta pasangan untuk membantu mengatasi masalah yang kamu rasakan.

BILA SI DIA YANG CEMBURU
Mempunyai pasangan yang cemburuan dapat melelahkan.
 Berikut ini ada beberapa kiat yang mungkin dapat membantu mengurangi rasa cemburunya:

Melihat dari berbeda 
Jangan lupa bahwa cemburu merupakan salah satu tanda cinta. Daripada berusaha membela diri, lebih baik mencoba untuk mengerti dan memberikan dukungan.

Koreksi sikap Anda 
Bila kamu menyadari beberapa sikap kamu dapat membuat pasangan cemburu, ubahlah sikap kamu tersebut. Pastikan untuk menjaga komitmen perjanjian berdua serta hindari membuat janji yang tidak yakin dapat kamu jalani.

Yakinkan pasangan 
Jangan lupa mengambil setiap kesempatan untuk mengatakan kepada pasangan betapa kamu mencintainya, dan mengapa kamu memilihnya sebagai pasangan hidup. Berikan banyak pujian dan bicarakan mengenai masa depan yang cemerlang yang akan dijalani berdua.

KIAT MENGATASINYA 
Persiapan
Siapkan masing-masing dua lembar kertas kosong untuk kamu dan pasangan. 

Yang harus dilakukan
Ambil satu kertas, bagi menjadi dua kolom. Pada kolom pertama beri judul “Pencetus rasa cemburu saya”. Di bawah judul ini tuliskan sebanyak yang kamu ingat apa saja yang membuat kamu cemburu. 

Pada kolom kedua tuliskan judul “Pikiran dan perasaan”. Baca ulang apa yang sudah kamu tuliskan pada kolom pertama serta tuliskan, lantas kamu ingat-ingat sedetail mungkin bagaimana pikiran dan perasaan kamu pada saat rasa cemburu itu muncul. Misalnya, waktu sedang di pesta, pasangan mengobrol lama dengan mantannya, dan kamu merasa tidak diperhatikan, sehingga kamu kesal bercampur marah. Tuliskan perasaan itu di kolom kedua.

Pada kertas kedua juga dibagi menjadi dua kolom. Pada kolom pertama beri judul “Apa yang dapat saya lakukan untuk membantu diri sendiri” dan pada kolom kedua tuliskan judul “Apa yang dapat dilakukan oleh pasangan untuk membantu saya”. Di bawah setiap judul tuliskan pendapat kamu sebanyak mungkin secara spesifik.

Pada kolom pertama, dapat ditambahkan “Perlu ketenteraman”, “Mencari informasi” dan “Berpikiran positif”. Pada kolom yang satunya kamu  dapat menambahkan “Ketertarikan dan penuh perhatian”, “Tidak berbicara kepada mantan”, “Setuju terhadap batasan pada godaan”.

Bicarakan 
Bila kamu  dan pasangan sudah mengisi seluruh kolom, duduklah berdua dan baca bersama-sama hasil latihan berdua. Niscaya kamu dan pasangan bisa mengerti mengapa rasa cemburu tersebut terjadi. Jangan lupa, pastikan kamu  berdua dalam keadaan relaks dan hati kamu berdua sedang gembira.



Dari berbagai sumber:http://tabloidnova.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates