Kamis, 14 Februari 2013

0 7 Tips aman dan nyaman selama berada diterminal bandara




Tidak sedikit traveler yang bepergian dengan pesawat, mendapatkan pengalaman buruk di bandara. Simak sejumlah tips aman dan nyaman selama berada di bandara, agar Anda bisa menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Terminal yang berbeda, jalur masuk yang bertahap dan pengumuman yang mungkin berubah membuat traveler harus memiliki usaha lebih jika ingin perjalanan dengan pesawatnya berjalan lancar. Inilah 7 tips aman dan nyaman selama berada di bandara, menurut Coorporate Secretary Angkasa Pura II, 



1. Pastikan membaca atau mendengar pengumuman 

"Jangan malu bertanya jika kebingungan dan jangan malas membaca pengumuman," 
Perubahan mungkin saja terjadi pada penerbangan Anda, misalnya perubahan jadwal penerbangan atau gate keberangkatan. Maka dari itu, jangan sekali-kali melewatkan layar pengumuman yang terpampang di bandara. Juga, jangan malu untuk bertanya kepada petugas. Lebih baik bertanya daripada ketinggalan pesawat. 

2. Lakukan transaksi di tempat resmi

Bagi pengunjung yang ingin membeli tiket langsung di bandara, kami menyarankan mereka membeli di kantor agen travel atau maskapai terkait yang resmi. Ada kantor seluruh maskapai di bandara yang menjual tiket secara langsung ataupun online. Jangan langsung tergiur dengan harga murah dan proses yang lebih mudah yang ditawarkan calo. Karena, sesuatu yang murah belum tentu asli.

Penyesalan akan selalu datang di akhir. Tak ada yang bisa Anda lakukan jika tiket Anda ditolak saat check in karena ternyata palsu. Belilah tiket di tempat resmi. Jika tidak mengerti prosesnya, Anda masih bisa meminta bantuan petugas terkait yang pasti dengan senang hati akan membantu. 

3. Bertanya kepada petugas resmi

Ada petugas yang akan membantu Anda saat kebingungan dan butuh informasi. Bertanyalah sepuasnya kepada mereka dan Anda pun akan mendapat jawaban yang memuaskan. Jika masih bingung, jangan ragu untuk meminta mereka untuk menemani.

"Bandara itu seperti gula, orang-orang seperti semut, banyak sekali yang menghampiri," 

Jadi, bukan tidak mungkin orang jahat berkeliaran tanpa Anda tahu. Salah-salah bertanya, Anda bisa terkena tipu atau dihipnotis. Daripada merugi, lebih baik cari petugas bandara atau petugas keamanan untuk dimintai tolong.

4. Antisipasi bagasi

"Karena kejahatan bagasi bisa terjadi di mana saja, antisipasi bagasi Anda," 

 Bagasi yang dibongkar atau isi yang dicuri tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di banyak negara lain. Oknum penjahat bisa berasal dari mana saja. Maka dari itu, salah satu cara mengamankannya adalah dengan mengantisipasi. 

Amankan koper Anda dengan gembok atau plastik lilit pembungkus. Atau, hindari menaruh barang-barang berharga di dalam koper. Jangan lupa untuk mengecek isi koper saat sudah diambil. Jadi jika terjadi kehilangan atau tertukar, bisa langsung diproses dengan lebih cepat.

5. Jangan membeli barang asongan

Beberapa barang yang biasanya dijual secara asongan adalah parfum dan jam bermerk. Penjualnya bisa saja berkeliling di sekitar terminal atau area parkir, barang yang dijual secara asongan di sekitar bandara, seluruhnya palsu, misalnya. Harga yang menggiurkan atau bonus yang menarik mungkin menarik para pembeli. Namun sebenarnya, barang-barang itu palsu.

6. Gunakan taksi yang resmi

Masalah pemerasan dan kejahatan yang dilakukan pihak taksi gelap bukanlah hal aneh lagi. Banyak pengunjung yang terkena modus penipuan mereka. Agar tidak menjadi salah satu korbannya, maka hindari menggunakan taksi gelap. 

Gunakan jasa taksi resmi yang memiliki booth resmi di setiap terminal. Kebanyakan taksi resmi ini diminati banyak pengunjung, jadi mau tidak mau harus antre. Jangan malas mengantre. Lebih baik mengantre dibanding harus tertipu oleh taksi gelap.

"Kami mengimbau para pengunjung untuk tidak menggunakan taksi gelap," 

7. Tertib dengan peraturan

Bayangkan semua orang menunggu di tempat yang seharusnya, tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merokok sembarangan. Betapa indahnya bayangan itu. Keadaan akan lebih nyaman jika semua tertib aturan, begitupun saat di bandara. Jika mengikuti peraturan yang berlaku, bukan tidak mungkin perjalanan Anda akan jadi lebih lancar. 

"Taati peraturan yang ada dan semuanya akan jadi lebih lancar," 


SUMBER: detik.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates