Jumat, 30 November 2012

0 Perbedaan Gus Dur, Gusmao dan Guus Hiddink





Nama ketiga tokoh dunia ini, kebetulan berawalan sama, sama-sama Gus.
Tokoh pertama adalah Gus Dur.
Gus Dur adalah tokoh besar Islam kaum Nahdliyin yang perjuangannya telah melintas batas wilayah negara, agama dan dunia.
Gus Dur adalah kombinasi dari seorang budayawan, pembela HAM, pembela kaum minoritas,  pemikir Islam, ulama, sekaligus politikus-negarawan.
Gus Dur kini telah tiada. Namun, sebagai tokoh sakral Indonesia, sehingga terusik saja sedikit kehormatannya, akan memancing polemik dan pro kontra yang imbasnya dalam dunia politik sungguh luar biasa.



Tokoh kedua, adalah Xanana Gusmao.
Gusmao adalah dua wajah dunia. Bagi pemerintah Indonesia, ia adalah pemberontak yang mengancam keutuhan wilayah NKRI. Namun, bagi Timor Leste, ia adalah seorang pahlawan bangsa, yang dengan perjuangan gerilyanya membawa mereka ke alam merdeka.
Gusmao adalah Presiden Timor Leste pertama, lalu juga seorang Perdana Menteri ke-4 dan ke-5 yang masih dijabatnya hingga sekarang. Namun sebelumnya, Gusmao adalah seorang gerilyawan pejuang kemerdekaan, dan sebelumnya lagi juga seorang pemain sepakbola dan wartawan.




Lalu tokoh ketiga adalah Guus Hiddink.
Guus Hiddink adalah tokoh sepakbola asal Belanda, yang kiprahnya telah melintas dunia antar benua. Ia telah membuktikan profesionalisme dalam industri sepakbola, dengan menukangi klub-klub sepakbola Eropa.
Guus Hiddink adalah pahlawan bagi sepakbola Asia, ketika sukses mengantarkan Korea Selatan menjadi juara ke-4 di Piala Dunia 2002.
Guus Hiddink juga berjasa kepada Australia dengan meloloskannya ke pentas Piala Dunia 2006.
Guus Hiddink juga sukses mendongkrak prestasi sepakbola Rusia dengan membawa tim itu melaju ke babak semifinal Piala Eropa 2008.
Gus Dur, Gusmao dan Gus Hiddink adalah orang-orang besar di bidangnya. Indonesia, Timor Leste dan Belanda menjadi saksi kebesaran mereka. Maka mereka adalah tiga dari tokoh dunia yang akan selalu di kenang sepanjang masa, oleh siapa saja yang terinspirasi dari pengabdian dan kesetiaan pada perjuangan yang untuk mengubah dunia.
Salam…

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates