Kamis, 01 November 2012

0 Fakta Baru Manfaat Secangkir Teh Hangat


Secangkir teh, selain memberikan melepas dahaga dan kesegaran pada tubuh ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.



Masyarakat Indonesia sangat familiar dengan teh dan lebih dari 75% masyarakat Indonesia adalah pengkonsumsi teh. Teh terbagi menjadi tiga kelompok utama, teh hitam, teh oolong, dan teh hijau.

Seiring perkembangan zaman, varian teh menjadi semakin banyak sebagai hasil dari berbagai persilangan jenis teh yang telah ada.

Dilansir Women's health, para ahli yang terkumpul dalam 5th International Symposium on Tea & Human Health di Washington D.C melakukan 2.878 penelitian mengenai dampak secangkir teh terhadap kesehatan manusia. Apa saja?

1. Memperkuat gigi dan mencegah karies gigi. Kandungan flouride yang cukup tinggi pada teh bisa membantu mencegah tumbuhnya karies pada gigi serta bisa memperkuat gigi

2. Membantu mengurangi risiko keracunan makanan. Unsur catechin yang terdapat di dalam teh mampu menghentikan pertumbuhan beberapa jenis bakteri penyebab keracunan makanan

3. Memperkuat daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dan E di dalam teh dipercaya dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh dan
menyegarkan tubuh.

4. Teh mengandung kafein berbeda dengan kafein yang terdapat di dalam kopi. Kandungan kafein pada teh dapat merangsang sistem syaraf tubuh sehingga sirkulasi oksigen di dalam tubuh menjadi lancar.

5. Mencegah tekanan darah tinggi. Varian catehin yang berupa Epigallocatechin danEpicatechin yang terdapat di dalam teh memiliki kemampuan untuk mengurangi kolesterol dalam darah dan menangkal radikal bebas sehingga bisa mengurangi resiko penyakit kardiovascular.

6. Teh terlebih untuk jenis teh hijau diklaim dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan tulang.

7 . Menangkal kolesterol. Hasil penelitian membuktikan bahwa Catehin dalam teh mampu mengurangi penimbunan kolesterol dalam darah serta mempercepat pembuangan kolesterol melalui tinja dan mengoptimalkan metabolisme gula.
Kandungan mangan (Mn) dalam teh bisa membantu mengurai gula menjadi energi sehingga bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah.

8 . Mencegah pertumbuhan sel kanker. Ini merupakan salah satu kemampuan catechin yang lain, yaitu menghambat terjadinya mutasi pada sel-sel tubuh serta menetralisir radikal bebas. [mor]




sumber; www.inilah.com


0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates