Senin, 05 November 2012

0 Cara Orang China Memotivasi Anak Untuk Belajar






Mungkin masih ingat dahulu waktu masih kecil dan duduk dibangku sekolah dasar kita yang masih senang bermain sering dimotivasi oleh kedua orangtua kita untuk rajin belajar. Ada peribahasa terkenal yang seringkali digunakan mereka untuk ‘membakar’ semangat kita untuk belajar yaitu :
‘Rajin Pangkal Pandai’
Nah ternyata memotivasi anak melalui peribahasa tidak hanya dilakukan orangtua di Indonesia. Di negeri panda alias Cina, para orangtua juga sering menggunakan peribahasa terkenal untuk melecut semangat anak-anak mereka agar rajin belajar. Salah satu peribahasa yang saya dapatkan dari seorang teman adalah :
‘Hao hao xue xi tian tian xiang shang’
Arti dari peribahasa tersebut adalah ‘baik baik belajar semakin hari semakin naik’. Konon para guru di Cina sering mengulang ulang peribahasa ini di kelas dan bahkan menempelkannya di dinding kelas agar para murid selalu teringat dan terpacu untuk menuntut ilmu.
Peribahasa tersebut sebenarnya mengandung makna jika kita belajar dengan baik setiap hari maka setiap hari pula kita akan bertambah naik atau dengan kata lain makin mendekati kesuksesan. Tentu saja seorang yang pandai akan semakin membuka peluang untuk menjadi sukses dimasa depan.
Saya pikir motivasi seperti ini harus terus dilakukan para pendidik dan orangtua di tanah air agar generasi muda gemar belajar dan bukan gemar bermain.



sumber ; www.kompasiana.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates