Sabtu, 17 November 2012

0 Berlian Termahal (Archduke Joseph Diamond) dileleng laku hampir US$21,5 juta


Rumah lelang Christie’s yang berbasis di New York City, Amerika Serikat (AS) melelang berlian termahal dunia.

Headline

Berlian yang disebut Archduke Joseph Diamond itu laku hampir US$21,5 juta, pekan lalu. Jumlah itu memecahkan rekor harga per karat untuk berlian tanpa warna.
Archduke Joseph Diamond merupakan yang pertama dari dua berlian yang dijual di Jenewa, Swiss. Berlian 76,02 karat ini tadinya diperkirakan laku US$15 juta saja.
Setelah Christie’s, rumah lelang Sotheby’s menjual berlian briolette biru yang langka dengan 10,48 karat, yang diperkirakan akan meraup US$4,5 juta.
Berlian Archduke Joseph Diamond ditambang di Golconda, tambang kuno di India. Harga jualnya ini dua kali lipat lelang dua tahun lalu.
Penjualnya adalah Alfredo J. Molina, Direktur perusahaan perhiasan Black, Starr & Frost. Nama pemilik barunya dirahasiakan, atas permintaan si pembeli itu.
“Berlian ini memiliki kualitas yang amat baik. Ini one of a kind, seperti bertanya, apakah anda puas sudah menjual Mona Lisa?” kata Molina.
Namanya diambil dari Archduke Joseph August dari Austria, cicit penguasa Roma dan raja Prancis. Ia mewariskan berlian itu ke putranya, Archduke Joseph Francis yang menyimpannya di lemari besi bank.
Pembeli tanpa nama memilikinya saat Perang Dunia II. Sejak itu, berlian ini muncul di London, saat dilelang pada 1961. Kemudian di Jenewa, dalam lelang pada 1993, ketika Christie’s menjualnya senilai US$6,5 juta.


sumber www.inilah.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates