Minggu, 18 November 2012

0 5 Manusia Abad ini Yang Punya Bakat Luar Biasa



1.Serena Williams

Mari Berkenalan dengan Lima Manusia Super (1)
Serena Williams adalah petenis wanita asal Amerika Serikat yang memecahkan rekor dunia. Ia telah memenangkan 30 gelar Grand Slam, dan menjadi satu dari 46 wanita peraih emas terbanyak dalam olimpiade olahraga di dunia. 

Sebagian orang mungkin hanya memandang kesuksesannya saat ini saja. Apa rahasia gemilangnya? Ini dia cerita pertama dari lima manusia super di dunia.

Bagi Williams, ia tak pernah menyangka bisa menyervis bola tenis berkekuatan 109 mph ke arah lawan, dan bola itu sukses berada di kotak permainan. 

"Ketika aku masih muda, Billie Jean King mengatakan aku memiliki servis yang bagus. Itu alami. Aku berpikir, benarkah?" ujarnya seperti dikutip dari The Guardian
Servis Williams mendominasi pembicaraan seluruh petenis dunia. Itu bagian yang paling ditakuti lawannya. Banyak orang bertanya-tanya, apa yang akan terjadi jika Williams tak memukul keras? 

Rata-rata kekuatan servisnya lebih keras dari petenis pria, seperti Andy Murray. Pelatih tenis setuju bahwa Williams adalah petenis wanita yang melayani bola dengan sempurna. 

Hal yang paling mencengangkan adalah kekuataan Williams semuanya alami, bukan hasil dari dia rajin ke gym. "Jujur aku terlahir seperti ini. Sampai detik ini, aku tak pernah ikut olahraga angkat beban. Itu tak pernah dan tak akan mungkin," ujarnya.

Sewaktu muda, Williams bahkan mengaku memukul bola dengan lembut. Ia kemudian mengenang bagaimana disaat kecil ia hanya berlatih tenis di sebuah lapangan buruk yang sudah retak-retak di pinggiran Los Angeles.
"Aku benar-benar masih kecil waktu itu. Semua orang harus tahu bahwa butuh waktu lama agar bisa tumbuh besar dan kuat," katanya.



2.Tom Sietas 

Mari Berkenalan dengan Lima Manusia Super (2)

Tom Sietas adalah penyelam asal Jerman berusia 35 tahun. Ia memecahkan rekor dunia, Ricardo Bahia, dengan menahan nafas di dalam air selama 22 menit dan 22 detik.

Ketakutan adalah musuh utamanya. Ia berpikir keras bagaimana caranya menggunakan oksigen dalam waktu lama di air. Ini dia cerita kedua dari lima manusia super di dunia.

Kemampuan Sietas dimulai sejak ia mengawali karirnya sebagai penyelam pada 2000. Ia berhasil menembus batas manusia normal bernafas di dalam air. Pria asal Hamburg ini tak tahu sama sekali kemampuan dirinya sehingga ia memutuskan meninggalkan bangku sekolah.

"Aku selalu tertarik dengan dunia bawah air sewaktu masih kecil," kata Sietas, dikutip dari The Guardian, Awalnya, ia rajin pergi ke laut, mencoba melihat sinar matahari, dan ikan-ikan yang cantik yang bisa ia temukan di bawah sana.

Instruktur renangnya membuktikan Sietas mampu menyelam sangat dalam. Ia kemudian menawarkan Sietas olahraga yang lebih menarik. Setelah dua hingga tiga tahun, Sietas mampu meningkatkan level bernafasnya di dalam air begitu lama.

Penelitian ilmiah di bidang dunia selam relatif masih belum berkembang. Namun ukuran paru-paru Sietas ternyata 20 persen lebih besar daripada ukuran paru-paru normal pria dewasa. 

Kemampuannya yang lain adalah merilekskan tubuhnya di dalam air laiknya seekor ikan. Bahkan, Sietas beberapa menit pernah tertidur saat menyelam. "Aku tak tahu itu istimewa. Namun, situasi itu membuatku lebih tenang," ujarnya. 

Pengalaman menegangkan Sietas di antaranya saat ia menyelam di sebuah danau dekat Berlin. Ia kehilangan kontak dengan tali orientasinya di permukaan. Ia tersesat beberapa meter dari kedalaman normal di bawah danau. "Aku benar-benar takut waktu itu," ujarnya. 

Pengalaman lainnya saat di Pantai Mesir. Sabuk pemberat badan Sietas gagal bekerja. Saat itu, Sietas hanya memunyai dua pilihan, berenang bebas sendiri tanpa bantuan alat apapun, atau tenggelam. Untunglah. Ia berhasil kembali mencapai permukaan dengan selamat.


3.Judit Polgar

Mari Berkenalan dengan Lima Manusia Super (3)

Judit Polgar menjadi satu-satunya pecatur wanita yang masuk ke dalam 10 besar pecatur dunia. Ayah Judit, Laszlo Polgar, meyakini sebuah teori bahwa jenius itu bukan dilahirkan, tetapi dibuat.

Untuk membuktikan teorinya itu, Polgar mengeluarkan ketiga orang putrinya dari bangku sekolah formal. Padahal, Polgar sendiri adalah seorang guru di Hungaria. 

Judit dan kedua saudaranya kemudian diminta berkonsentrasi pada subyek spesialis tertentu sejak usia mereka muda. Subyek khusus itu adalah catur.

Saat menceritakan kisah hidupnya, Judit tertawa mengenangnya. "Ayahku memang guru, tapi dia hanya baik dalam waktu singkat. Ayah dan ibu tahu betul bagaimana meyakinkan kami untuk tetap bisa berprestasi namun bisa juga bermain bahagia. Sedikit demi sedikit kami menyeriusi bidang (catur) ini," katanya dikutip dari The Guardian
Judit dan saudara-saudaranya awalnya hanya bermain catur 10 menit sehari. Pada usia 12 tahun, ia bermain catur 10 jam sehari. Pada 1991, ia memecahkan rekor sebagai grandmaster catur termuda di dunia diusianya yang baru 15 tahun.

Judit telah menghancurkan mitos bahwa laki-laki secara alami lebih baik daripada perempuan dalam hal bermain catur. Biasanya, ada kesenjangan besar antara laki-laki dan perempuan dalam bermain catur. Perempuan cenderung kalah. 

"Bahkan untuk mencapai tingkat yang sama pun, perempuan susah menghadapi pecatur laki-laki. Tapi, saya menunjukkan kepada mereka itu tak benar," katanya. 

Selama karirnya, Judit pernah mengalahkan Boris Spassky, Garry Kasparov, dan sembilan juara dunia catur lainnya.

Judit kini memiliki putra putri dan membina sekolah amalnya. Namun, ia tak memperlakukan hal yang sama terhadap anak-anaknya, seperti yang dilakukan sang ayah padanya. 

"Orangtua harus menyerahkan pilihan hidup dan profesi sesuai keinginan anak-anak mereka sendiri," katanya. Pada 1-10 Desember mendatang, Judit akan bersaing dalam kompetisi the London Chess Classic 2012.



4.Daniel Tammet


Mari Berkenalan dengan Lima Manusia Super (4)



Daniel Tammet adalah penulis buku laris di dunia. Hal paling mengagumkan adalah Tammet ternyata seorang sarjana penderita epilepsi dan asperger syndrome. Ini dia manusia super keempat yang akan menjadi topik bahasan selanjutnya.

Tammet tak ingin dibilang jenius. Sebab, seorang jenius itu biasanya orang-orang yang kesepian. 

"Sedangkan aku berjuang begitu lama di dalam (penyakit) kesepian hidup. Justru, aku ingin menjangkau orang-orang," katanya dikutip dari The Guardian, Menjangkau orang-orang, baginya, menjadi awal untuk memenangkan penulisan.

Karya emasnya adalah lahirnya buku Born on The Blue pada 2006. Tammet berhasil membuktikan ia bisa menjangkau orang-orang, karena buku yang mengisahkan tentang hidupnya itu bahkan bisa dibaca oleh penderita autis dan sindrom kejiwaan lainnya.
Asosiasi Perpustakaan Amerika menobatkan buku Tammet sebagai buku terbaik untuk kalangan dewasa muda.

Pria yang lahir dan dibesarkan di East London, Inggris ini ingin mengeskplorasi bagaimana rasanya menjadi seorang autis yang mempunyai kemampuan tinggi sepintar sarjana. Ia kemudian berhasil memiliki kemampuan memori matematika dan bahasa. 

Tammet dijuluki seorang 'Aritmatika Petir' karena mampu menghitung cepat di luar kepala. Ia memegang rekor Eropa untuk membaca phi dan memori 22.514 digit dalam lima jam dan sembilan menit.

Ia tumbuh di sebuah keluarga miskin dan memiliki delapan orang saudara. "Jika aku menjadi anak tunggal, mungkin aku akan lebih beruntung. Atau, jika aku dilahirkan di dalam keluarga kaya yang bermain piano dan catur setiap harinya, mungkin aku menjadi seorang anak ajaib. Tapi, aku tak terlalu senang jika itu terjadi," ujarnya.

Saat ini, Tammet hidup bahagia di Paris. Ia mencintai Prancis karena tak ada batasan antara sastra dan matematika. 

Menurutnya, seorang matematikawan bisa menulis novel, juga sebaliknya. Tammet menguasai 10 bahasa dunia, yaitu Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, Finlandia, Lithuania, Rumania, Islandia, Wels, dan Esperanto.





5.Yuja Wang


Mari Berkenalan dengan Lima Manusia Super (5-Habis)



Yuja Wang adalah pianis muda dengan gerakan jari tercepat di dunia. Sosok ini menjadi manusia super terakhir yang akan dibahas kali ini.

Jika anda ingin melihat gerakan jari tercepat di dunia, anda tak perlu datang ke pertunjukan John Wayne Filmathon. Anda cukup membuka Youtube dan mengakses nama Yuja Wang di sana. Gadis berusia 25 tahun itu kini digelari pianis berbakat di dunia.

Kritikus seni menjulukinya 'jawdropping dexterity' dan 'athletic prowess' yang menggambarkan sosoknya sebagai fenomenal. Jari-jarinya yang panjang dan ramping bergerak begitu lincah dan cepat di atas tuts-tuts piano.

"Aku tak berpikir seberapa cepat aku bermain. Mungkin, itu hanya terlihat visualnya saja. Tapi sebenarnya, jari-jariku ini benar-benar mungil," kata Yuja, dikutip dariThe Guardian
Ia tetap bersikap rendah hati, padahal, permainannya sudah merebut hati konduktor terkemuka di dunia, seperti Daniel Barenboim, Michael Tilson Thomas, dan Charles Dutoit.

Yuja bahkan pernah bermain dengan orkestra dari London Philharmonic, Berlin Staatskapelle, hingga Boston Symphony. Evgeny Kissin bahkan jujur mengakui dia mengidolakan Yuja. "Aku benar-benar mengaguminya," ujarnya.

Gadis asal Cina ini dilahirkan dari ibu seorang penari dan ayah seorang pemain perkusi. Yuja mulai bermain piano sejak berusia enam tahun. Dia pergi ke Beijing Conservatory dan pada usia 16 tahun ia langsung pindah ke New York mengikuti Deutsche Grammophon.

Meskipun sudah mendulang sukses, Yuja mengaku masih suka gugup di panggung konser. Untuk menjaga penampilannya, Yuja selalu melakukan pemijatan di sekitar tangannya.


SUMBER : http://www.republika.co.id

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates