Rabu, 07 November 2012

0 5 Film Anak-anak Paling Laris


img


Industri anak-anak adalah industri yang tidak akan pernah mati. Meski anak-anak tidak punya uang untuk dipakai di bisnis ini, tapi orang tuanya pasti punya.

Bahkan, berdasarkan penelitian, anak-anak sangat mempengaruhi tingkat konsumsi dan belanja sebuah rumah tangga. Maka dari itu, tidak salah jika pertumbuhan acara televisi anak-anak selalu naik tinggi setiap tahunnya.

Banyak acara anak-anak baru bermunculan, mulai dari siaran televisi, film bioskop, video game dan lain-lain yang meramaikan satu lini merek. Atas banyaknya produk tersebutlah sebuah merek bisa menjadi mesin uang yang menghasilkan dana lebih tinggi ketimbang dari acara televisinya sendiri.

Seperti dikutip dari Investopedia,, berikut ini adalah lima lini produk anak-anak yang berhasil menjadi mesin uang menghasilkan miliaran dolar AS sejak berdirinya. 


5. The Muppets

img




















Jim Henson sudah bergerak di industri boneka sejak awal tahun 1960-an. Ia mulai terkenal setelah membuat acara televisi bernama 'Sesame Street"' di 1966. Jim keluar dari 'Sesame Street' dan memulai sebuah acara televisi baru bernama 'The Muppet Show' di 1974, yang belum bisa mengudara sebelum 1976.

Acaranya ternyata tidak hanya dianggap menarik oleh anak-anak tetapi juga dewasa. Selain acara televisi, Muppet juga tampil dalam berbagai versi, seperti film bioskop, serial kartun sampai deretan pernak-perniknya.

Popularitas acara ini semakin lama makin menanjak sampai akhirnya mereknya dijula ke EM.TV senilai US$ 680 juta (Rp 6,2 triliun) di tahun 2000, beberapa tahun setelah Henson meninggal. Pada 2003, EM.TV menjual kembali merek tersebut ke keluarga Henson senilai US$ 89 juta (Rp 801 miliar).

Disney membeli merek tersebut pada 2004 senilai US$ 68 juta (Rp 612 miliar). Disney pun membuat film terbaru dari boneka yang salah satu tokohnya yang dikenal dengan sebutan Kermit The Frog tersebut, termasuk berbagai produk lain seperti pakaian, mainan sampai plester luka.


4. Sesame Street

img




















Satu lagi acara televisi yang masuk dalam karir legendaris Jim Henson, 'Sesame Street' adalah contoh acara televisi yang bisa meraup jutaan dolar dalam waktu singkat. Dari divisi merchandise, 'Sesame Street' mencatat penjualan mainan dan produk konsumer senilai lebih dari US$ 211 juta (Rp 1,9 triliun) dalam jangka waktu 2003 hingga 2006.

Hak siar 'Sesame Street' sudah dijual ke perusahaan Jerman EM.TV, yang akhirnya juga menghilangkan hak siar lembaga nirlaba Sesame Workshop di 2001. Sekarang ini, lisensinya dipegang oleh Hasbro mulai 2011 hingga 2020 nanti. Padahal, selama ini perusahaan mainan yang memproduksi lini produk Barbie, Mattel, sudah mengincar lisensi 'Sesame Street' sejak lama.


3. Harry Potter

img




















Semua orang pasti pernah mendengar tentang seorang penyihir muda yang mempunyai luka di dahinya bernama Harry Potter. Nama Harry Potter sudah berhasil meraup US$ 6,4 miliar (Rp 58 triliun) sejak pertama kali diluncurkan. Angka itu termasuk pejualan 400 juta buku (seluruh seri, tujuh buku) di seluruh dunia dan delapan film yang baru selesai disiarkan tahun lalu.



2. Star Wars

img




















Tidak diragukan lagi, 'Star War' menjadi salah satu ikon yang digemari anak-anak (juga dewasa) sejak tahun 1977. Produk hasil pemikiran George Lucas ini sudah berhasil meraup dana US$ 33 miliar (Rp 297 triliun) dari hasil pemutaran film, mainan, video game, buku, pakaian dan pernak-pernik lainnya. Diperkirakan setengah dari dana yang dihasilkan itu berasal dari mainan alias action figure.


1. Disney

img




















Sebagai pemain raksasa
di industri anak-anak, Disney sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan sepertinya masih akan eksis dalam beberapa tahun ke depan. Walt Disney memulai perusahaannya tersebut dari nol dan harus menghadapi banyaknya persaingan di industri sebelum bisa terkenal seperti sekarang ini.

Bahkan kini lini bisnisnya tak lagi hanya acara televisi, tapi sudah tersebar di berbagai lini industri hiburan lainnya. Akan tetapi industri hiburan anak-anak masih menjadi fokus utama Disney.

Banyak karakter ciptaan Disney yang masih dikenal oleh anak-anak jaman sekarang meski banyak diciptakan lebih dari 50 tahun yang lalu, seperti Mickey Mouse, Donald Duck, Goofy dan masih banyak lagi.

Baru-baru ini, Disney juga kembali melebarkan sayapnya dengan membeli Lucasfilm yang terkenal dengan lini 'Star Wars' dan sebelumnya sudah mengakuisisi Marvel Entertainment Inc.







sumber; detik.com




0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates