Minggu, 28 Oktober 2012

0 Tips Kesehatan Supaya Panjang Umur


  
Tips kesehatan agar bisa panjang umur mungkin terdengar tak logis dan mengada-ada. Bagaimana tidak? umur sejatinya adalah urusan takdir dan Tuhan yang manusia tidak memiliki kuasa tentang itu.
Namun manusia juga memiliki kontrol terhadap kehidupannya, mereka bisa menjadikan hidupnya ini menyenangkan atau menyakitkan. Menderita atau sehat sepanjang usia. Intinya disini hidup panjang umur dimaksudkan untuk mencapai hidup sehat dan berkualitas, mau?
Jika mau, maka perhatikanlah 5 tips kesehatan agar panjang umur di bawah ini:
1. Selalu berpikir positif dan hindari stress
Di jepang pernah ada penelitian tentang sifat air yang apabila terus menerus diberikan kecaman, kemarahan dari orang yang akan meminumnya, maka ia akan berubah keruh dan tak menyehatkan. Sebaliknya jika ia diberikan pujian dan perkataan-perkataan baik lainnya. Ia malah berubah bening dan menyehatkan. Sebab air adalah elemen penting kehidupan, maka sudah sewajarnya anda menghindari memancarkan aura negatif hasil pikiran negatif anda. Berpikir positiflah!
Selain dijepang, dulu juga pernah ada seorang ilmuwan kedokteran islam bernama ibnu sina yang mengatakan bahwa penyakit maag, salah satu penyebab utamanya adalah depresi atau stress.
2. Usahakan selalu ceria dan tertawa
Tingkatkan kualitas hidup anda dengan banyak tertawa. mengapa terlampau serius menghadapi hidup ini? toh banyak yang bisa ditertawakan, bukan?
Korelasi antara tertawa dan kesehatan pun telah banyak diakui efektifitasnya. Hal ini terbukti dengan makin banyaknya klinik-klinik yang menawarkan jasa terapi tertawa untuk hilangkan penyakit.
3. Olahraga dan Istirahat cukup
Olahraga sebenarnya adalah fase pembakaran segala hal yang berlebihan dalam tubuh. Tak jarang fase ini disebut fase katabolik atau destruksi (penghancuran). Olahraga juga bisa merangsang timbulnyahormon-hormon kesehatan tertentu yang membuat kualitas hidup meningkat.
Selain berolahraga kita juga memerlukan istirahat yang cukup. Sebab istirahat (tidur) merupakan fase regenerasi anabolik/konstruktif (pembangunan). Yang mana fase ini menggantikan elemen-elemen tak baik yang dihancurkan saat olahraga, berganti dengan elemen baik yang menyehatkan. Olahraga dan istirahat cukup adalah dua hal yang tak terpisahkan.
4. Hindari Rokok, Alkohol, Apalagi narkoba
Dalam rokok terdapat 2.000 racun aktif maupun pasif. Tidak usah banyak berdebat, hal ini buruk bagi kesehatan, bukan? selain itu perokok juga berpotensi bisa meracuni orang-orang disekitar yang ia cintai, seperti anak, istri, dan keluarga. Sebab mereka akan jadi perokok pasif yang jauh lebih berbahaya efeknya sebab perokok pasif tak memiliki mekanisme ketahanan terhadap racun rokok seperti halnya perokok aktif.
Alkohol dan Narkoba juga hal yang tak perlu diperdebatkan lagi mengenai efek toksisitas mereka. Hindarilah 3 hal itu, dan jadikan hidup anda lebih berkualitas icon smile Tips kesehatan agar bisa panjang umur
5. Konsumsilah gizi seimbang dan rutinkanlah cek berat badan anda
Gizi yang sehat itu harus seimbang. Sebab tubuh memerlukan keseimbangan itu dalam rangka harmonisasi kinerjanya. Jangan melulu hanya makan daging dan zat lemak, tapi imbangilah dengan zat fiber (serat) dari tetumbuhan. Begitu pula sebaliknya. Indahkan hidup anda dengan tak mengekang juga tak berlebihan icon smile Tips kesehatan agar bisa panjang umur

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates