Selasa, 23 Oktober 2012

0 Diabetes Dibagi 2 Tipe

SELAMA ini Anda sering mendengar diabetes dikelompokkan menjadi dua tipe. Lantas, apa perbedaannya antara diabetes tipe 1 dan tipe dua?
 
Berikut penjelasan dr. Aditya Suryansyah, SpA(K) dari Sub Spesialisasi Endokrin Anak RSAB Harapan Kita, Jakarta Barat, sebagaimana diulas tabloid Mom & Kiddie. 
 
Diabetes tipe 1 (Insulin Dependent Diabetic Mellitus/IDDM)
 
Terjadi karena terdapat kelainan/kerusakan sel-sel pada pankreas sehingga pembuatan insulin terganggu. Pada kondisi yang parah, insulin tidak terbentuk sehingga membutuhkan (bantuan) insulin dari luar.
 
Peran Insulin diperlukan untuk metabolisme karbohidrat (KH), lemak (L), dan protein (P). Kalau tidak ada insulin, KH, L, dan P tidak diserap, dan beredar di aliran darah, dan tampak pada pengukuran gula darahnya tinggi.
 
Diabetes tipe 1 disebabkan faktor bawaan sejak lahir, tapi bukan keturunan dari ayah atau neneknya. Melainkan lebih disebabkan pankreas tidak dapat menghasilkan cukup insulin akibat kelainan sistem imun tubuh yang menghancurkan sel yang menghasilkan insulin. Ada juga yang menyebutkan karena infeksi virus – virus Coxsackie tipe B-14 - sehingga hormon insulin dalam tubuh berkurang dan mengakibatkan timbunan gula pada aliran darah. DM tipe 1 ini biasa ditemui pada individu yang terpapad sejak anak-anak atau remaja.
 
Diabetes tipe 2 (Non-Insulin Dependent Diabetic Mellitus/NIDDM) 
 
Berbeda dengan diabetes tipe 1, pada diabetes tipe 2 sifatnya resisten yaitu dimana insulin ada tapi tidak bisa digunakan karena reseptornya terganggu. Kebanyakan dari insulin yang diproduksi diisap oleh sel-sel lemak akibat gaya hidup dan pola makan yang tidak baik.
 
Sedangkan pankreas tidak dapat membuat cukup insulin untuk mengatasi kekurangan insulin sehingga kadar gula dalam darah akan naik. Kegemukan pada anak-anak merupakan salah satu yang  membuat kerja pankreas dan sistem metabolisme terganggu.
 
Diabetes tipe 2 inilah yang berpeluang untuk menurun kepada anak-anak. Artinya resistennya yang bisa menurunkan. Bila salah satu atau kedua orangtuanya mengidap penyakit diabetes, maka anaknya memiliki peluang untuk terkena penyakit yang sama




sumber; http://health.okezone.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates