Selasa, 23 Oktober 2012

0 Alat Dapur Kotor yang Sering Diabaikan

MESKIPUN tampaknya dapur Anda bersih tak ternoda, tetap saja ada bakteri dan jamur yang mengintai di sudut-sudut dapur. Awas, mikroba akan cepat menyebar dan mengkontaminasi makanan, Anda pun sakit.
            
Jika ingin mendapatkan dapur bersih sempurna, pastikan Anda lebih memperhatikan benda-benda yang ada di dapur. Mulai dari yang sering Anda lihat, sampai yang tak terlihat, berikut panduannya :

Pegangan pintu kulkas
Menurut Dr. Eric E. Schadt, Chairman Departemen Ilmu Pengetahuan Genetik dan Genomik di Mount Sinai School, mikroba yang hidup pada daging ayam dan sapi selalu ditemukan pada pegangan pintu lemari es. Tanpa Anda sadari, sering kali setelah memotong daging atau ayam, Anda memasukkannya ke kulkas tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah segera membersihkan sudut tersebut dengan cairan pembersih. Berikutnya, apabila Anda selesai memotong daging dan akan memasukkannya ke kulkas, cuci tanganlah terlebih dahulu.
 
Kran air
Air bersih sangat penting untuk mendapatkan makanan higienis, namun hal ini sering diabaikan. Jika Anda menggunakan air sumur untuk masakan, mungkin Anda masih bisa berpikir dua kali karena ada kandungan racun tanah.

Namun, biasanya Anda yang menggunakan kran akan langsung saja tanpa memperhatikan kran yang kotor telah menodai air. Untuk itu, penting bagi Anda membersihkan kran air secara rutin, biasanya sabun bekas cuci atau kuman-kuman lain dari tangan sering tertinggal di sana.
 
Lap alat dapur
Jika biasanya orang-orang berpikir lap piring mereka masih bersih karena hanya untuk mengeringkan alat dapur yang selesai dicuci, jangan santai saja. Jangan lupa untuk tetap rutin mengganti dan mencuci lap tersebut.

Mengapa? Setiap Anda memakainya, lap tersebut menjadi lembab. Itu akan menjadi rumah bagi jamur untuk tumbuh subur.

Spon cuci

Hanya karena Anda menggunakan spon untuk mencuci, jangan pikir ini akan selalu bersih. Kenyataannya, Dickerson mengatakan bahwa spon adalah benda yang paling kotor di dapur. Apalagi jika Anda membersihkan wastafel dengan spon yang sama karena wastafel dapur super kotor.

Solusi termudah adalah dengan rutin mengganti spon cuci. Tapi jika Anda mau sedikit rajin, cukup cuci dengan air panas.
 
Saluran wastafel
Hanya karena Anda tidak melihatnya, bukan berarti tidak ada. Saluran air sering diabaikan oleh para ibu rumah tangga, padahal saluran wastafel adalah ruang perkembangbiakan yang sempurna bagi bakteri dan jamur.

Patogen itu dapat menyusup ke dalam baskom wastafel jika perkembangbiakannya pesat. Itu akan mengundang belatung dan kecoa untuk menyusup kesana. Tak bisa dibayangkan joroknya! Untuk itu, rutinlah menyiram saluran wastafel Anda dengan air panas.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates