Kamis, 18 Oktober 2012

0 Akibat Kurang Tidur Bisa terserang Tekanan Darah Tinggi





 Ada banyak akibat yang bisa muncul jika seseorang kurang tidur, mulai dari mudah lelah hingga risiko penyakit. Tapi ada kabar yang bilang kurang tidur bisa memicu darah tinggi, benarkah?

"Ada kemungkinan menyebabkan tekanan darah tinggi. Diperkirakan tidur kurang dari 6 jam dalam waktu semalam dapat dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah," ujar Dr Sheldon Sheps, mantan ketua Division of Nephrology and Hypertension di Department of Medicine, Mayo Clinic, seperti dikutip dariMayoclinic, .

Dr Sheps menuturkan orang-orang yang tidur 5 jam atau kurang kemungkinan menghadapi risiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi atau memburuknya kondisi hipertensi yang sudah dimilikinya.

Selain itu, memiliki waktu tidur yang pendek bisa membuat energi seseorang menurun, penumpukan lemak di tubuh, depresi dan juga mengganggu suasana hati sehingga lebih mudah marah yang tentu saja berdampak pada meningkatnya tekanan darah.

Hal lain yang membuat tidur cukup penting dalam menjaga tekanan darah karena tidur membantu darah mengatur hormon stres, membuat sistem saraf tetap sehat serta memperlambat denyut jantung. Tapi jika seseorang kurang tidur bisa mengganggu kemampuan tubuh dalam mengatur hormon stres yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Kondisi ini diperkuat oleh hasil studi yang dilakukan peneliti Columbia University pada tahun 2006 yang menemukan orang dewasa paruh baya yang tidur 5 jam atau kurang setiap malamnya berisiko 2 kali lipat lebih tinggi mengalami hipertensi dibanding orang yang tidur 7-8 jam.

Terlebih jika kurang tidur ini ditambah dengan stres maka akan menjadi kombinasi yang sangat buruk bagi tekanan darah. Diketahui tekanan darah sistolik (angka atas pada pembacaan tekanan darah) naik sekitar 10 persen pada orang yang kurang tidur ditambah stres.

"Untuk itu tidur 7-8 jam semalam ada kemungkinan turut memainkan peran dalam hal pengobatan dan juga pencegahan tekanan darah tinggi. Jika memang sudah memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya bicarakan dengan dokter bagaimana tips agar dapat waktu tidur yang baik dan cukup," ujar Dr Sheps.


sumber; http://health.detik.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates