Minggu, 03 Maret 2013

0 Ubah paradigma bahwa pelajaran matematika sangat menyenangkan



        HINGGA KINI, PELAJARAN MATEMATIKA MASIH 'MENAKUTKAN' 
Kurangnya kreativitas guru diduga menjadi penyebab rendahnya nilai rata-rata mata pelajaran matematika siswa. Selama ini menyampaian materi matematika dilakukan secara kaku, tidak menyenangkan.


"Selama ini nilai matematika pada ujian sekolah maupun ujian nasional relatif rendah. Jika guru tidak ada pembenahan dipastikan nilai pelajaran matematika relatif rendah dan hasilnya tidak memuaskan," kata Tuti Tuarsih, seorang pemerhati pendidikan.
Kreativitas menjadi cara ampuh merubah paradigma bahwa pelajaran matematika sangat menakutkan dibandingkan pelajaran lainnya. Berlatih secara terus menerus dengan berbagai soal mulai yang mudah hingga rumit, maka dapat membangkitkan minat siswa untuk mempelajari matematika. "Saya yakin jika guru kreatif dengan mengoptimalkan berlatih juga menyenangkan dipastikan dapat mencapai nilai matematika yang bagus," jelasnya.

Perlu ada perhatian dari Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten. Harus lebih banyak pelatihan untuk para guru matematika di seluruh daerah. Penambahan personil guru matematika juga harus terus dilakukan. Selama ini jumlah pengajar materi eksakta ini cenderung kurang, sehingga banyak guru pelajaran lain terpaksa menjadi guru matematika. "Saya yakin kekurangan guru itu menjadikan penyebab nilai matematika "jeblok" atau nilai merah," tegasnya. 

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates