Rabu, 23 Januari 2013

0 5 Cara Merawat Cat Sepeda Motor Agar Awet,Tidak Pudar Dan Tetap Kinclong

Jangan hanya bisa membeli dan memakai, tapi juga harus pintar merawat agar kualitasnya tetap terjaga selamanya. Seruan ini bisa juga dialamatkan kepada kita yang mempunyai sepeda motor. Selama ini dalam merawat motor kita mungkin lebih fokus pada bagian mesin saja, karena memang merupakan hal paling pokok dalam sebuah kendaraan. Namun, mulai sekarang tidak ada salahnya kita meningkatkan perawatan dengan cara menjaga kualitas warna cat agar motor selalu terlihat baru dan bersih (kinclong) sepanjang masa.



Menurut para pengelola bengkel motor, ada beberapa faktor penyebab pudarnya warna cat motor, antara terkena langsung sinar matahari dan seringnya menggunakan sabun berdeterjen ketika mencuci. Sinar matahari yang langsung mengenai motor akan mempercepat kerusakan warna bodi, sehingga terlihat kusam. Sementar deterjen (sabun colek atau sabun cuci) mengandung bahan kimia yang dapat mempercepat kerusakan cat motor.

Kedua faktor penyebab kerusakan warna cat tersebut perlu dihindari agar penampilan motor kita senantiasa terlihat bersih, licin, dan prima. Berikut beberapa cara (tips) yang perlu kita perhatikan dalam merawat warna cat motor.

1* Hindari parkir di bawah terik matahari
Sebaiknya kita memparkir motor di dalam ruangan, atau kalau terpaksa harus parkir di ruang terbuka, kita memilih tempat yang ada atapnya agar sinar matahari tidak langsung mengenai motor. Juga perlu dihindari dari angin. Sebab debu yang bercampur panas terik matahari dapat mempercepat kerusakan lapisan pelindung cat/airbrush motor, sehingga warna menjadi kusam.atau pudar.

2* Jangan mencuci motor dengan sabun.
Sabun colek mengandung zat kimia yang mempunyai sifat kasar yang dapat menggores cat di permukaan bodi dan merusak cat motor. Gunakan shampoo khusus untuk mencuci motor. Shampoo khusus motor mudah didapat di super market dengan harga yang relatif terjangkau. Saat mencuci motor gunakan spons lembut atau lap chamois agar terhindar dari ancaman goresan.

3* Hindari air hujan
Air dengan tingkat keasaman tinggi dapat merusak warna cat motor. Air hujan mengandung tingkat keasaman yang tergolong tinggi, sehingga akan dapat mempercepat proses memudaran warna cat. Bahkan, air hujan juga bisa mempercepat proses korosi pada bagian logam, seperti pada mesin.

Apabila terlanjut kena air hujan, sebaiknya kita cepat-cepat mencucinya dengan air bersih agar warna cat motor tetap terjaga dan awet.

4* Hindari air garam
Selain air hujan, kita juga perlu menghindari motor dari air laut. Sebab air laut dapat merusak warna cat serta mengakibatkan bagian bodi motor terkena karat.

5* Jangan terlalu sering menggunakan zat kimia
Selama ini kita sering menggunakan cairan zat kimia untuk mempercantik bodi motor. Hal ini memang cara mudah untuk mendapatkan kualitas penampilan yang lebih prima. Namun, ada baiknya kita jangan terlalu sering menggunakannnya karena secara perlahan bisa merusak warna cat. Cairan untuk mengilapkan warna tersebut akan mengikis lapisan cat bodi motor, sehingga warna akan menjadi kusam dan cat menjadi pudar.

Namun, hal yang tidak kalah pentingnya adalah dengan membawa motor ke bengkel peratawan (shop). Di sini kotoran-kotoran yang telah lama menempel di bodi motor, seperti bekas aspal dan kotoran yang mengeras bisa dibersihkan serta melakukan polishing yang bertujuan menghidupkan kembali warna cat.

     Semoga bermanfaat buat para pengendara.


Dari berbagai sumber : www.detik.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates