Senin, 26 November 2012

0 Universitas Tertua Di Dunia



Jika membaca judul ini, mungkin saja anda langsung bisa menebak apa jawabannya. Namun, jika anda tahu bahwa ada beberapa perguruan tinggi yang tidak dikenal masyarakat yang ternyata telah berusia sepuh.
Penelitian yang Raffreds’s Dictionary lakukan kali ini adalah apa saja universitas yang dikategorikan tertua?



Nah berikut ini ada beberapa Universitas tertua di dunia.

1. Al-Karaouine
Universitas ini letaknya di Fes, Maroko. Pada awalnya Universitas ini merupakan sebuah Masjid yang dibangun pada tahun 859 oleh seorang wanita yang bernama Fatima al-Fihri. Semakin berkembang, tempat ini menjadi salah satu Universitas terkemuka dalam bidang ilmu alam. Lalu pada tahun 1957, berkembang lagi dengan dilengkapi ilmu matematika, fisika, kimia, dan juga bahasa asing. Universitas ini mendapat rekor sebagai Universitas yang tertua dalam guinness Book of World Records.

2. Al-Azhar
Universitas ini terletak di Mesir. Universitas ini menempati urutan kedua dalam Universitas tertua karena dibangun pada tahun 970-972. Selain itu, Universitas ini juga sebagai pusat sastra dan literatur Islam Arab Sunni.

3. Nizamiyya
Universitas Nizamiyya merupakan salah satu dari beberapa universitas yang didirikan oleh Khwaja Nizam Al-Mulk pada abad 11, dan sekarang di kenal dengan Iran. Dan yang paling terkenal adalah Al-Nizamiyyah di Baghdad yang dibangun sejak tahun 1065 di Dhu’l Qa’da.

4. Universitas Bologna
Universitas ini merupakan lembaga pendidikan tertinggi pertama di belahan bumi barat pada tahun 1088 di Bologna, Italia. Pada masa perang dunia kedua, Universitas ini berada pada peringkat atas. Sampai saat ini pun universitas ini masih maju dalam sistem pendidikan Eropa.

5. Universitas Paris
Tidak diketahui dengan jelas siapa yang membangun universitas ini. Tapi, proses belajar mengajar sudah berlangsung sejak 1096. Setelah itu terjadilah reorganisasi menjadi 13 universitas otonomi di tahun 1970. Universitas ini berkembang di akhir abad ke-12, tepatnya diwilayah Katedral Notre Dame, yang merupakan pusat pembelajaran di bidang seni, kedokteran, hukum, serta teologi.
Nah teman-teman, itu merupakan beberapa Universitas tertua di dunia ini. Dan tentu saja masih banyak lagi lho. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna untuk kalian semuanya :D


sumber : www..blogdetik.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates