Rabu, 07 November 2012

0 Tips Cara Merawat Rantai Motor Agar Tetap Bersih & Awet



Permasalahan yang paling serius yakni rantai roda (drive chain) jadi kotor akibat kondisi jalan yang becek. Itu membuat rantai motor jadi mudah kendur dan gampang putus atau copot serta rantai juga jadi sering muncul bunyai berisik.

Nah, buat Otolover ada cara mudah merawat rantai motor agar tetap bersih dan awet. Berikut  beberapa tips cara perawatanya,

1. Atur rantai sepeda motor anda usahakan setelannya tidak sekedar kencang tapi juga Anda harus mengecek pin sambungan serta membersihkannya dari kotoran dan debu.

"Biasanya rantai motor itu kotor akibat oli atau pelumas yang sering kita gunakan. Ada baiknya Anda memeriksa rantai setiap 1.000 km

2. Hal yang harus diperhatikan yakni mengecek pin rantai motor apakah pemasanganya sudah benar karena pin merupakan sambungan sekaligus pengunci sambungan rantai.

"Posisi pin itu cepat berubah. Terutama saat motor melaju kencang dan menerjang lubang. Otomatis tekanan rantai untuk mendorong motor jadi lebih besar. Itu biasanya yang membuat rantai cepat kendur.

3. Bersihkan rantai motor Anda dari kotoran atau debu yang menempel. Bila tidak dibersihkan rantai akan cepat rusak dan mudah kering, berkarat dan cepat haus karena getas.

"Usahakan bersihkan rantai dari debu dan yang lainnya 1 bulan sekali. Selesai dibersihkan lalu lakukan pemberian pelumas. Usahakan jangan pakai oli bekas tapi pakai pelumas yang khusus rantai motor.

4. Saat melakukan pelumasan jangan sembarangan, karena biasanya orang memberikan pelumas rantai sembarang tidak menggunakan cairan yang telah dianjurkan.


"Saat melakukan pulumasan rantai usahakan motor di standar 2 lalu nyalakan mesin untuk mempermudah perputaran rantai saat dilumuri pelumas. Berikan pelumas secara merata karena kalau tidak nantinya bagian yang tidak kena pelumas akan mudah berkarat atau pin-nya kendur.



sumber ; www..detik.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates