Rabu, 21 November 2012

0 Minuman keras ( Alkohol ) adalah pembuka segala kejahatan



        


Akhir akhir ini  manfaat dari konsumsi alkohol dalam jumlah sedang sudah mulai menjadi topik utama di berbagai pemberitaan.Salah satu yang harus digarisbawahi dari berbagai hasil-hasil riset mengenai manfaat alkohol adalah konsumsi dalam jumlah sedang. Beberapa studi juga menyebutkan dampak positif tersebut hanya ditemukan pada orang yang sudah berusia paruh baya. Bukti paling kuat dari konsumsi alkohol dalam jumlah sedang adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Riset itu dilakukan dr Kenneth Mukamal, dokter penyakit dalam dan asisten profesor dari Harvard Medical School yang melakukan studi selama 12 tahun.
Meskipun demikian,Menurut dr Ari Fahrial Syam, spesialis penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dampak buruk dari kebiasaan minum alkohol akan mengenai berbagai organ di dalam tubuh, mulai dari otak, mulut, saluran cerna, sampai ke usus besar. Minum alkohol berlebihan biasanya menimbulkan reaksi kebingungan, melambatnya kemampuan bereaksi, kaburnya penglihatan, hingga hilangnya konsentrasi dan koordinasi otot, yang kesemuanya dapat membuat seseorang cedera atau mengalami kecelakaan fatal.Selain itu, penggunaan alkohol dalam waktu singkat dan berlebihan bisa menyebabkan terjadinya keracunan alkohol atau intoksikasi alkohol yang bisa membahayakan nyawa.”Intoksikasi terjadi jika jumlah alkohol yang dikonsumsi di atas ambang batas toleransi orang tersebut sehingga memicu gangguan fisik dan mental,” papar dr Ari dalam surat elektronik yang dikirimkan kepada Kompas.com.
” imbuhnya.




Kini banyak contoh kejadian aneh baik yang ringan ataupun yang berat semua gara gara mabuk, Kisah pengalaman Adele tentang minuman keras misalnya mengungkapkan dengan jelas di buku biography Adele yang ditulis oleh Marc Shapiro. Selain menyebutkan Adele pernah lupa liriknya sendiri, Shapiro menjelaskan bahwa sang fenomenal ini pernah terjatuh dari tempat duduknya di atas panggung karena pengaruh minuman keras.
Mabuk bisa mengantarkan pelakunya membunuh orang tanpa sadar, seperti yang terjadi di Bandung minggu lalu.seorang anak yang masih penganten baru nekat menusuk ayah kandungnya, Mail 50, hingga tewas, Rabu (7/11).Pelakul Denis, 23, yang baru menikah sebulan lalu langsung menusukan golok dan pisau dapur hingga ke punggung ayah kandungnya sendiri.
Di Palembang. Seperti yang di siarkan indosiar.com, Karena pengaruh minuman keras seorang remaja tega membunuh kerabatnya sendiri di Palembang. Tanpa alasan jelas usai minum-minuman keras tersebut tersangka langsung kebelakang pasar dan menikam korban Mardi yang agak kebelakang mentalnya.
Jolie Carmadelia menduga jika kematian suaminya, Mitch Luker akibat mabuk saat mengendarai motor. Vokalis Suicide Silence ini dikabarkan meninggal beberapa hari yang lalu akibat kecelakaan motor..Jolie mengatakan jika Mitch memang memiliki masalah dengan alkohol. Sebelum meninggal, Mitch sedang dalam kondisi mabuk, dan istrinya pun meminta dia untuk tidak pergi.” ujarnya seperti dikutip dari Loudwire.com.Mitch dikabarkan tengah mengendarai motor Harly Davdison di kawasan Hitington Beach dan menabrak tiang lampu. Setelah tabrakan tersebut motor tersebut pun menabrak mobil pick up yang sedang melaju.
Mabuk ‘buta’ gender,Faktanya adalah dengan minuman yang sama, wanita lebih mungkin memberikan dampak negatif alkohol ketimbang pria.Hal ini karena pria memiliki kandungan air yang lebih banyak di tubuhnya ketimbang wanita, yang dapat membantu mengencerkan alkohol yang diminumnya. Sedangkan pada wanita, dalam jumlah yang sama, alkohol lebih banyak terbentuk dalam aliran darah.
Selain mabuk akibat miras akan lebih bahaya jika berpadu dengan narkoba ,tabrakan maut  tidak mengherankan jika pelakunya terpengaruh ini ,seperti yang terjadi di tugu tani, Pasti kenal Afriani Susanti yang merupakan supir Daihatsu Xenia yang menabrak 9 orang pejalan kaki di daerah Tugu Tani, Jakarta Pusat. Kabarnya perempuan yang bekerja freelance di production house perfilman tersebut juga mengkonsumsi narkoba jenis ekstasi dan ganja selain shabu di tempat hiburan.Polisi masih mendalami penyebab kecelakaan. Saksi mata di lokasi, Suwarto (40), menduga sopir mabuk saat mengendarai kendaraan. Namun Kasat Lantas Polres Jakpus Komisaris Gimo Husodo memperkirakan penyebab kecelakaan adalah rem mobil yang tak berfungsi. Kabidhumas Polda Metro Kombes Pol Rikwanto di Polda Metro jaya, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Senin (23/1/2012). newoes.com Rikwanto menjelaskan pula, kondisi Apriani Susanti tidak dalam kondisi yang bagus dalam berkendara. Sehingga dia kehilangan kendali atas mobilnya.
Yang belum lama berselang ,muncul Novie Amalia (25), model yang mengemudikan mobil setengah bugil dan menabrak tujuh orang di Tamansari, Jakarta Barat, sedang menjalani tes kejiwaan di RS Polri Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur. Novie mengaku mengalami halusinasi setelah menenggak minuman keras Chivas dan pil ekstasi. Honda Jazz merah B 1864 POP yang dikemudikan Novimenabrak tujuh orang termasuk polisi lalu lintas di Tamansari, Jakarta Barat.
Menurut Liputan6.com, Model yang diduga mabuk saat berkendara, Novi Amelia, mengaku pernah ditawari narkotika jenis ekstasi satu pekan sebelum kecelakaan di Taman Sari, Jakarta Barat, Kamis (11/10) petang.Kuasa hukum Novi, Chris Sam Siwu, menjelaskan, dalam proses pemeriksaan polisi, Novi 
mengatakan, tawaran itu terjadi di sebuah kafe di Kemang, Jakarta Selatan, dari seorang pria tak dikenal. Meski barang haram itu ditolaknya tapi pria itu menawari minuman beralkohol. Mereka lalu minum bersama. Novi juga sempat curiga minuman tersebut dicampur narkotika.
Yang paling mengerikan seperti yang terjadi di Majalengka,seperti yang dialansir pikiran rakyat Dua pemuda, Heri bin Ejot (22) dan Nana Bin Sukarya (22) warga Blok Jum’at, Desa Cicacadas, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka tewas tenggelam di sungai Cileuis, Desa Leuweunggede, Kecamatan Jatiwangi, Jumat (16/11/12). Keduanya tewas diduga setelah mabuk berat.Diduga Heri terpeleset sehingga masuk kubangan air yang cukup besar dengan kedalaman yang mencapai sekitar 8 meteran. Nana temannya yang juga dalam kondisi mabuk berupaya memberikan pertolongan kepada Heri, namun dia ikut tenggelam.
Terkadang pengaruh alkohol tinggi sering membahayakan diri sendiri,karena menjadi hilangnya akal.Lihat polah tingkahnya kalau manusia terpengaruh alkohol tinggi seprti tak berakal lagi seperti yang terjadi di Canberra, Seorang pria yang sedang mabuk memanjat masuk ke sebuah kandang buaya di Kota Broome, Australia dan berusaha untuk menunggangi buaya yang ada di dalamnya. Buaya yang bernama Fatso itu menggigit kaki Newman, ia pun langsung dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan. Fatso adalah buaya muara asli Australia yang memiliki panjang badan mencapai lima meter dan berat badan lebih dari 800 kg. ujar petugas polisi Kota Broome, Roger Haynes, seperti dikutip BBCdan okezone  Senin (19/11/2012).“Pria itu beruntung karena cuaca sedang dingin dan Fatso malas bergerak. Jika suhu lebih hangat Fatso bisa menggigit pria itu hingga tewas,” ucap pemilik kebun binatang, Malcolm Douglas.
Yang unik lainnya seperti yang terjadi di London, Grzegorz Suliga meminta maaf, setelah melakukan hubungan seks dengan seekor kuda di lapangan. seperti diwartakan The Sun, Jumat (10/8/2012).Kepada petugas, Suliga mengaku mabuk, sehingga ia berhubungan seks dengan kuda. Ia pun mengaku tak tahu bahwa aksi liarnya melawan hukum di Inggris.Suliga mengaku berhubungan seks dengan kuda cokelat. Namun, ia membantah melakukan hal yang sama dengan kuda lain.Andrew Church-Taylor, kuasa hukum Suliga menyatakan, kliennya tidak muncul pada persidangan perdana, karena sangat malu dengan perbuatan yang sudah ia lakukan.
Mestikah ,pengaruh alkohol sampai menistakan dirinya sendiri,menurunkan martabatnya sebagai mahluk yang terhormat dan termulia di bumi. Terkadang kalau sudah hilang akal..apapun jadi..dan tidak anehkan ? mengkonsumsi miras kalau cuma bikin celaka , apa bukan kebodohan?Jadi apa bedanya dengan binatang kalau hilang akal?
Terlepas dari hukum halal haramnya memang banyak pengaruh negatifnya ketimbang positipnya.Dalam suatu riwayat dinyatakan minuman keras adalah pembuka segala kejahatan.Sehingga ketika ia telah meminumnya pembunuhan dan pemerkosaan ,zina akan mudah dilakukan..tapi semua terpulang kepada kita.karena terkadang kebenaranpun baru akan diterima setelah dengan ekperimen sendiri.Hanya saja menyesal kemudian tiada gunanya.




sumber :www.kompasiana.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates