Senin, 19 November 2012

0 Masjid Tertua di Indonesia adalah Masjid Agung Demak





Masjid Tertua di IndonesiaSebagai negara dengan penduduk mayoritas pemeluk agama Islam, Indonesia memiliki banyak bangunan sejarah yang menunjukkan kebesaran agama Islam itu sendiri. Salah satu bangunan bersejarah yang banyak terdapat di Indonesia adalah masjid. Masjid tertua di Indonesia adalah Masjid Agung Demak. Masjid tertua di Indonesia ini dibangun oleh Raden Patah yang juga seorang raja pertama dari Kesultanan Demak. Masjid yang dibangun pada abad ke-15 ini tercatat sering digunakan sebagai tempat berkumpulnya para Wali 9.

Pada saat itu, Masjid Agung Demak termasuk dalam kelompok masjid Jamik yang berfungsi sebagai masjid resmi Kesultanan Demak. Masjid yang juga merupakan masjid tertua di pulau Jawa ini memiliki 4 tiang penyangga utama yang konon menurut sejarah, tinga - tiang tersebut dibuat dari serpihan kayu. Yang tidak kalah menarik, di dalam lokasi Masjid Agung Demak ini juga terdapat makam para Raja Demak dan para abdi dalemnya.



Banyak hal menarik yang bisa kita temukan dari sejarah dibangunnya Masjid Agung Demak ini. Diantaranya adalah legenda dibangunnya Masjid Agung Demak ini yang diselesaikan dalam waktu 1 malam saja. Walaupun demikian, terdapat beberapa versi tentang kapan dibangunnya Masjid Agung Demak ini. Diantaranya adalah menurut versi Babad Demak dimana menurut Babad Demak, Masjid Agung Demak ini didirikan pada 1477 Masehi  yang ditandai sebuah Candrasengkala yang isinya berbunyi :/Lawang Trus Gunaning Janma"

Pada Masjid Agung Demak, kita bisa menemukan Lawang Bledhek pada pintu utama masjid. Pada lawang bledhek tersebut terdapat catatan yang berbunyi: Naga Mulat Salira Wani. Bangunan Masjid Agung Demak sendiri mengandung unsur kebudayaan Hindu Jawa. Ini dapat dilihat dari bentuk atap masjid yang menyerupai atap candi. Selain itu, jumlah pintu yang terdapat dalam masjid ini adalah berjumlah 5 buah pintu dimana hal tersebut melambangkan Rukun Islam.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates