Senin, 19 November 2012

0 Kendalikan Diabetes Dengan Pola Makan Dan Gaya Hidup


Diabetes termasuk penyakit yang patut diwaspadai karena menyebabkan komplikasi. Tapi sebenarnya penyakit ini bisa dicegah, terutama melalui hal-hal kecil yang mungkin disepelekan banyak orang.

Diabetes yang tidak terkendali bisa membuat seseorang kehilangan penglihatan, kaki serta mengganggu aktivitasnya. Diabetes yang paling umum yaitu tipe 2 biasanya disebabkan oleh pola makan buruk dan gaya hidup, sehingga sebagian besar kondisi ini dapat dicegah.




Penderita diabetes tidak bisa mengubah makanan menjadi energi secara benar, sehingga kadar glukosa menumpuk di dalam darah. Untuk itu gaya hidup sehat dapat membantu menjaga kadar gula darah.

"Sejak muda aktif bergerak dan mengonsumsi makanan sehat. Harus mengubah gaya hidup dalam semalam? Belum tentu. Langkah-langkah kecil bisa berubah menjadi langkah besar dalam mencegah diabetes," ujar Nancy Copperman dari Office of Community Health at the North Shore-LIJ Health System di Great Neck, New York, seperti dikutip dari HealthDay,
Meski terdengar sepele atau hanya hal kecil, tapi beberapa langkah berikut ini bisa dilakukan oleh masyarakat untuk membantu mencegah timbulnya penyakit diabetes tipe 2, yaitu:

1. Secara perlahan dan sedikit demi sedikit cobalah mengganti makanan asin, berlemak dan gula dengan sayuran, buah dan kacang-kacangan.

2. Tambahkan bumbu maupun rempah pada makanan yang rendah lemak, sehingga terasa sedikit gurih.

3. Masukkan menu daging, ayam atau ikan yang di steam atau dipanggang dan tidak menggorengnya, misalnya mulai dari 2 kali seminggu dan nanti ditingkatkan secara bertahap.

4. Tambahkan irisan pisang atau apel saat makan sereal.

5. Mencoba buah atau sayuran baru yang mungkin selama ini belum pernah dicoba.

6. Usahakan untuk memiliki jadwal makan teratur dan tidak melewatkannya.

7. Jadikan makan bersama-sama keluarga menjadi rutinitas yang mungkin bisa dilakukan hampir setiap hari.

8. Mengurangi porsi makan dengan menggunakan piring dan gelas yang ukurannya lebih kecil.

9. Melakukan aktivitas fisik dengan intensitas ringan ke sedang, mulai dari 15 menit lalu meningkat menjadi 30 menit selama 5 hari dalam seminggu, bisa berupa jalan cepat atau sepeda.

10. Perbanyak waktu untuk berjalan, seseorang memang dianjurkan untuk melakukan 10.000 langkah setiap hari, tapi jika tidak sanggup maka mulailah dengan mengurangi penggunaan lift, memarkir kendaraan lebih jauh dari lobby kantor atau menghindari penggunaan angkutan umum untuk jarak dekat.

Diketahui ada beberapa hal yang menjadi faktor risiko dari diabetes yaitu kelebihan berat badan atau obesitas, memiliki orangtua atau saudara dengan diabetes, pola makan tidak sehat, tidak aktif bergerak yaitu kurang dari 3 kali seminggu, serta memiliki diabetes ketika hamil (diabetes gestational).

Sebagian besar orang tidak menyadari jika dirinya menderita diabetes sampai muncul gejala seperti penglihatan kabur atau komplikasi lainnya. Jadi penting untuk mengetahui apakah seseorang berisiko diabetes atau tidak, dan pencegahan tentu jauh lebih baik ketimbang pengobatan.


sumber:www.detik.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates