Kamis, 15 November 2012

0 KENAPA ORANG BISA GILA?


Jika anda tinggal di kota, kadang anda melihat ada orang yang sedang berjalan seorang diri dengan tatapan kosong dan berpakaian compang-camping. Pasti yang pertama kali tersirat dalam benak anda, pasti itu orang gila.




Kadang saya bertanya dalam hati, mengapa seseorang bisa berperilaku seperti itu. Kadang saya juga bertanya kepada orang lain kenapa orang bisa menjadi gila.
Dari jawaban yang saya dapat, kebanyakan orang menjadi gila karena ia tidak bisa menerima kenyataan dalam hidup ini. Ia mempunyai suatu tujuan dan harapan yang tidak terwujud. Karena tujuan dan harapannya tidak terwujud ia menjadi stres dan kemudian gila.
Sebagian lain menjawab orang menjadi gila karena ia “kebanyakan ilmu”. Ilmu yang saya tulis disini masih samar pengertiannya. Entah ilmu itu, ilmu kebatinan, ilmu formal, atau ilmu yang lainnya.

Dari sumber yang lain, saya menemukan, bahwa kondisi fisik dan rohani seseorang mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Bahkan yang lainnya menjawab orang itu kehilangan sesuatu/ seseorang dan ia cintai. Mungkin orang itu kehilangan semua harta bendanya, kehilangan jabatannya, kehilangan pekerjaanya, kehilangan anaknya, kehilangan pacarnya, kehilangan suami/ istrinya, kehilangan kepercayaannya atau kehilangan yang lain.



Entahlah, sampai detik ini saya masih bingung, dan tidak mengerti mengapa orang menjadi gila.
Masih waraskah saya dan anda?

0 komentar:

Posting Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates