Jumat, 23 November 2012

0 8 Program Diet Menurunkan Berat Badan






Berat badan mungkin menjadi masalah tersendiri bagi kaum ibu-ibu, terutama sehabis melahirkan. Bahkan saya sering mengajukan pertanyaan kepada teman-teman “Eh kenapa ya ibu-ibu itu banyak yang menjadi gemuk setelah melahirkan?” dan berbagai jawaban pun banyak berdatangan. Ada yang bilang karena hormon, ada yang bilang karena nafsu makan memang bertambah dan sebagainya.
Dulu saya juga pernah bermasalah dengan berat badan, perut mulai mengalami ‘kemajuan’ dan pipi seperti dua bakpau berukuan jumbo. “Ah ha kayak doraemon..” ledek teman-temanku. Masalah berat badan ternyata tidak hanya mengganggu wanita, lelaki juga banyak yang teganggu jika berat badannya mulai meningkat.




Karena berat badan inilah kemudian saya melakukan progam diet 
  1. Olah raga (Dulu saya dua jam sehai). Bagi saya olah raga adalah keharusan jika ingin menurunkan berat badan dan sehat. Entahlah mengapa saya tidak begitu percaya dengan berbagai cara menurunkan berat badan tanpa olah raga.

  2. Kurangi porsi makan. Lambung manusia bersifat elastis, artinya jika sering diisi banyak maka lambung membesar dan akan terbiasa juga makan banyak. Tapi jika perlahan-lahan dibiasakan makan sedikit, maka lambung pun akan mengecil, dan makan sedikit saja anda akan merasa cukup, kenyang.

  3. Perbanyak konsumsi serat. Fungsi serat dalam menuunkan lemak berkaitan dengan garam empedu dalam tubuh. Serat akan membuang sebagian garam empedu bersama feses, akibatnya untuk memenuhi kebutuhan garam empedu, lemak akan diubah menjadi garam empedu lagi.

  4. Jangan makan di atas jam 7 malam. Mungkin logikanya adalah karena aktivitas malam itu relatif ringan jadi jangan konsumsi makanan yang mengandung kalori dalam jumlah banyak. Kalau malam, lebih baik konsumsi buah saja.

  5. Jangan tidur setelah makan. Kalau saya dulu, minimal setelah satu jam makan, baru boleh tidur.

  6. Kurangi makanan berminyak, terutama gorengan. Ini adalah hal yang paling berat saya lakukan. Kenapa? Karena saya suka sekali gorengan. Bakwan itu kan nikmat banget bukan?

  7. Kunyahlah makanan dengan sempurna.

  8. Konsisten dan komitmen. Ini juga berat. Sebaik dan sesempurna apapun program diet anda, tapi jika anda tidak komitmen dan konsisten menjalankannya, maka percuma saja.
Dulu semua saya jalani dengan sangat baik, hasilnya dalam seminggu berat badan saya turun 5 kg. Wuih.. TOP dah…
Oke, selamat menjalani program diet anda, yakinlah bahwa anda pasti bisa.

0 komentar:

Posting Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates