Sabtu, 17 November 2012

0 5 CARA NASIONALIS ( CINTA PRODUK INDONESIA )




Negara Indonesia merupakan sebuah negara yang dikatakan mandiri, Indonesia juga mempunyai banyak tempat pariwisata yang memiliki pemandangan eksotis, sehingga tempat-tempat pariwisata di Indonesia terkenal baik dalam hingga luar negeri. Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), kita seharusnya bangga.

Namun, untuk kita, bagaimana cara untuk membuat kita cinta pada Indonesia? Itu gampang, Dari hal kecil yang kita perbuat pasti lama-kelamaan akan menjadi besar. Apa saja cara-caranya agar kita membuktikan bahwa kita cinta Indonesia?

Berikut 5 Cara Untuk Membuat Kita Cinta Indonesia:

1. Membeli Produk Dalam Negeri

Kita seharusnya bangga terhadap negara Indonesia, saat ini Indonesia telah bisa membuat produk-produk dalam negeri yang tak kalah hebat dari produk-produk luar negeri. Contohnya Indonesia telah memproduksi produk-produk dalam negeri seperti Tas, Furnitur dan produk-produk lain.

Dan kita seharusnya mencintai produk-produk dalam negeri dengan cara membeli produk-produk dalam negeri (buatan Indonesia), dengan begitu kita sudah menunjukkan rasa kecintaan kita terhadap Indonesia.

2. Berwisata ke Tempat Wisata Dalam Negeri


Kita tahu bahwa Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang berupa Danau, pegunungan yang tentunya pemandangan yang indah dan eksotis, candi peninggalan zaman dahulu dan lain-lain. Tidak heran, karena keeksotisan dan keindahannya banyak para wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri mengunjungi tempat wisata di Indonesia.

Kita juga bisa menunjukkan rasa kecintaan kita terhadap Indonesia dengan cara kita berwisata ke tempat wisata dalam negeri (Indonesia). Dengan kita berwisata ke tempat-tempat wisata di Indonesia, kita bisa menghemat uang dan kita sudah menunjukkan kepada Indonesia bahwa kita cinta Indonesia. Kita tahu, bahwa kebanyakkan warga Indonesia terutama orang-orang yang dikatakan kaya/derajat tinggi sering berwisata ke luar negeri, sehingga sering menghamburkan banyak uang untuk istilahnya Shopping.

Padahal, berwisata di dalam negeri sudah cukup daripada berwisata ke luar negeri. Banyak di Indonesia terdapat berbagai butik, Distro untuk tempat berbelanja kita daripada berbelanja ke luar negeri. Dan di Indonesia juga terdapat banyak tempat wisata yang cukup terkenal oleh para wisatawan turis dari luar negeri.

3. Melestarikan Budaya Indonesia

Indonesia memiliki berbagai macam budaya dari Sabang hingga Merauke, budaya-budaya Indonesia biasanya berasal dari zaman dahulu sehingga perlu kita lestarikan. Cara tersebut bisa kita lakukan untuk membuktikan bahwa kita cinta Indonesia, dengan cara melestarikan berbagai macam budaya-budaya Indonesia sehingga jangan sampai punah maupun direbut oleh negara luar.

Sebagian budaya Indonesia telah diklaim oleh negara luar, contohnya budaya yang diklaim oleh Malaysia antara lain Tari Pendet, Reog Ponorogo hingga makanan khas seperti Rendang diklaim Malaysia. Apakah kita harus berdiam diri sambil melihat budaya-budaya Indonesia mulai diklaim oleh negara luar? Maka, kita harus menunjukkan kepada Indonesia bahwa kita cinta Indonesia dengan cara melestarikan dan menjaga budaya-budaya Indonesia.

4. Jangan Menebang dan Membakar Hutan




Indonesia memiliki hutan yang sangat luas berupa pohon-pohon yang lebat menjulang tinggi sehingga menjadi tempat flora dan fauna hidup. Hutan juga memiliki peran yang sangat penting, seperti untuk mencegah banjir, mengurangi efek Global Warming (Pemanasan Global) dan masih banyak lagi.

Namun, Jumblah pohon di hutan di Indonesia telah mengecil dikarenakan orang-orang yang sering membiasakan menebang pohon secara berlebihan dan seringnya melakukan pembakaran hutan. Sehingga air hujan tidak terserap oleh pohon dan akhirnya terjadi banjir dan menjadikan efek Global Warming semakin memburuk.

Maka, satu-satunya cara kita untuk menolong adalah dengan cara JANGAN MENEBANG HUTAN dan JANGAN MEMBAKAR HUTAN. Dengan kita melakukan hal tersebut, kita bisa menunjukkan bahwa kita cinta Indonesia, menghindari banjir dan mengurangi efek Global Warming.

5. Kenalkan Budaya dan Kesenian Indonesia ke Luar Negeri

Kebanyakkan baru sedikit budaya dan kesenian Indonesia yang diketahui oleh para wisatawan asing maupun warga asing di luar negeri, bagaimana tidak, budaya atau kesenian Indonesia yang sering diketahui warga asing di luar negeri antara lain Batik. Padahal, Indonesia memiliki banyak bermacam-macam budaya dan kesenian yang jarang diketahui oleh para wisatawan asing atau warga asing di luar negeri.

Kita bisa mengenalkan budaya-budaya dan kesenian Indonesia ke luar negeri dengan cara mengenalkan budaya dan kesenian Indonesia ke luar negeri, baik melakukan pameran budaya dan kesenian di luar negeri sehingga bisa membuat warga asing di luar negeri tahu berbagai macam budaya dan kesenian Indonesia, sehingga kebudayaan dan kesenian Indonesia bisa mendunia.

Dengan kita melakukan cara tersebut, berarti kita telah menunjukkan bahwa kita cinta Indonesia dan membuat budaya dan kesenian Indonesia bisa mendunia.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates