Senin, 08 Oktober 2012

0 TIPS Supaya Penderita Diabetes Bisa Menikmati Percintaan





Liputan6.com, Jakarta: Menderita penyakit diabetes saat ini bukanlah akhir dari segalanya. Para penderita diabetes pun membutuhkan aktivitas di ranjang atau bercinta agar keharmonisan hubungan atau perkawinan mereka tetap terjaga.

Pada umumnya penderita diabetes menunjukkan gejala-gejala perilaku mudah lelah, memiliki nafsu makan tinggi, dan mudah mengantuk. Penyakit diabetes secara berangsur dapat menurunkan kinerja organ-organ di dalam tubuh manusia. Bagi pria, salah satu organ tubuh yang berkurang fungsinya karena penyakit diabetes adalah organ seksual, terutama jaringan darah menuju penis.

Nah, untuk bisa menikmati kehidupan seksual secara normal dan sehat, tubuh pria harus memiliki peredaran darah yang lancar dan kemampuan menerima rangsangan seksual. Rangsangan dan sensasi seksual tersebut akan ditanggapi dengan perbuatan melalui kerja anggota tubuh. Lantaran itulah, pria penderita diabetes kronis akan mengalami kesulitan menikmati hubungan seksual. Sebab, satu atau lebih anggota tubuhnya tak berfungsi.

Apakah pria penderita diabetes harus menyerah dengan kondisi tersebut? Tentu tidak. Tindakan apakah yang bisa dilakukan oleh pria penderita diabetes untuk mengembalikan fungsi organ seksual mereka? Berikut ini empat kiat atau langkah untuk pria penderita diabetes agar tetap bisa menikmati hubungan seks:

1. Berobat

Langkah pertama yang wajib dilakukan pria penderita diabetes agar bisa menikmati seksual adalah memiliki badan sehat dengan cara menyembuhkan penyakit terlebih dulu. Pengobatan diabetes dapat dilakukan dengan beragam cara. Mulai dari pengobatan medis, obat tradisional hingga pengobatan alternatif. Cara populer untuk menyembuhkan diabetes adalah dengan menyuntikkan hormon insulin dalam jumlah tertentu ke dalam tubuh secara teratur sesuai anjuran dokter.

Pengobatan diabetes dengan suntik insulin umumnya tidak bisa langsung sembuh seketika, melainkan membutuhkan waktu. Cara ini merupakan langkah terbaik penyembuhan penyakit diabetes. Pasalnya, secara berkala dokter juga akan memeriksa perkembangan organ tubuh lainnya terkait efek samping yang ditimbulkan oleh penyakit diabetes. Pemeriksaan secara teratur oleh tim medis bisa mendeteksi kemungkinan menurunnya fungsi organ seksual akibat penyakit diabetes.

2. Pola Hidup Sehat

Untuk mempercepat penyembuhan penyakit diabetes, selain terapi insulin pria juga harus menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Pola hidup sehat penderita diabetes bisa dimulai dengan melakukan diet seimbang rendah gula dan karbohidrat, lalu menggantinya dengan sayuran. Perhatikan juga kadar garam dan fruktosa dalam makanan agar tetap terkontrol. Konsumsi fruktosa secara berlebihan bisa meningkatkan produksi trigliserida yang menyumbat aliran darah.

Kiat menikmati seks bagi penderita diabetes berikutnya adalah berolahraga secara rutin sebanyak tiga sampai lima kali setiap pekan. Olahraga bisa membantu mengurangi tingkat obesitas, memperlancar aliran darah, melatih kerja organ tubuh bagian dalam dan mengaktifkan hormon seksual pria.

Pria pengidap diabetes disarankan pula bermeditasi atau relaksasi selama 10 menit setiap hari. Relaksasi ini bermanfaat mengatur kelancaran oksigen dalam tubuh, serta menumbuhkan ketenangan dalam pikiran.

3. Membuang Kebiasaan Buruk

Perilaku buruk yang sering dilakukan oleh pria dewasa seperti merokok, minum alkohol, begadang dan konsumsi narkoba. Kebiasaan tersebut bukan saja berbahaya bagi pria penderita diabetes, tetapi juga untuk pria sehat pada umumnya. Konsumsi alkohol yang berlebihan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dan perilaku seksual tidak aman. Nah jika kondisi ini semakin tidak terkontrol, bisa memperburuk proses pengobatan diabetes.

Pria penderita diabetes yang ingin tetap aktif menikmati seks pun harus berhenti merokok. Di dalam rokok terdapat ribuan senyawa beracun yang terkumpul di dalam darah dan menyumbat aliran darah. Rokok menimbulkan pula beragam gangguan fungsi seksual pria, mulai dari impotensi, ejakulasi dini, hingga kemandulan.

Hindari juga kebiasaan begadang menonton televisi setiap malam. Perilaku ini merugikan kesehatan. Ini mengingat pada saat menonton televisi, pria cenderung mengemil dan melupakan program diet yang sedang dijalani.

4. Melatih Fungsi Organ Seksual

Agar pria penderita diabetes kembali mampu aktif dalam kehidupan seksualnya, maka pria tersebut harus melatih organ seksual secara teratur. Tetaplah aktif bergerak, berolahraga dan melakukan stimulasi seksual sehingga sistem syaraf terlatih untuk menanggapi sensasi rangsangan seksual yang datang. Peribahasa mengatakan bahwa "Bisa karena Biasa." Bila latihan ini tidak dilakukan secara teratur maka bisa menurunkan fungsi seksual pria secara perlahan-lahan.

Pria penderita diabetes disarankan bercinta minimal satu kali dalam sepekan. Terutama untuk melatih agar darah tetap mengalir ke ke dalam jaringan darah di sekitar wilayah penis.

Ian Kerner, salah satu penulis buku Panduan Mengatasi Ejakulasi Dini menyatakan bahwa bila pria ingin mempunyai aliran darah yang sehat menuju organ reproduksi, maka dia harus menggunakan organ reproduksinya secara rutin dalam hubungan seksual. Dan ingat pula, jangan takut mencoba beragam posisi seks yang menantang jika hal tersebut mampu dilakukan.

Pria penderita diabetes pada dasarnya sama dengan pria sehat lainnya. Mereka memiliki hasrat seksual dan menuntut untuk dipenuhi secara teratur. Kondisi tubuh mengidap penyakit diabetes bukanlah halangan bagi pria agar tetap bisa menikmati kehidupan seksual.

Intinya, kontrol gula darah tetap diperlukan agar vitalitas tubuh terjaga. Selain mengobati penyakit diabetes, sang penderita harus aktif menjalankan pola hidup sehat, menghindarkan diri melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk, dan terus melatih organ reproduksi dalam hubungan seksual. Semoga bermanfaat.(ANS/HealthAdm/DiabetesHealth)

0 komentar:

Poskan Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates