Kamis, 11 Oktober 2012

2 HIKMAH SHOLAT DALAM KEHIDUPAN DI MASYARAKAT






Shalat adalah rukun islam yang kedua, dimana amaliah ini juga diyakini sebagai amaliah pertama yang nantinya akan di hisab (timbang) ketika di yaumul hisab nanti. Shalat juga merupakan satu-satunya ibadah yang diperintahkan secara langsung oleh Allah swt. kepada Nabi Muhammad saw. Oleh sebab itulah mengapa ibadah ini begitu ditekankan ketika seseorang telah mengucap dua kalimat syahadat. Dalam agama islam juga diyakini bahwa apabila seseorang selalu menjaga dengan baik ibadah shalatnya maka seluruh amalnya juga akan menjadi baik.
Dalam agama islam juga dianjurkan sholat secara berjamaah –shalat yang dilakukan secara bersama-sama dengan dipimpin oleh seorang imam. Imam shalat harus memenuhi beberapa kriteria yang telah dijelaskan dalam ajaran agama islam. Kriteria pertama yang harus dipenuhi adalah memiliki hafalan ayat Al Qur’an yang paling banyak dan mampu membaca Al Qur’an secara fasih diantara orang yang berjamaah. Kriteria yang kedua, imam adalah orang yang mencapai baligh, atau orang yang paling tua diantara jamaah dan mampu memenuhi kriteria pertama serta masih kuat melakukan rukun-rukun shalat.
Shalat berjamaah diyakini memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan shalat secara individu. Beberapa kelebihanan dan manfaat shalat berjamaah adalah sebagai berikut

Yang pertama, kelebihan shalat berjamaah jika dilihat dari sudut pandang syariat islam adalah bahwa orang yang melakukan shalat berjamaah akan mendapatkan pahala dua puluh tujuh derajat (:dua puluh tujuh kali lipat jika dibandingkan shalat secara individu). Inilah salah satu kelebihan shalat berjamaah yang seharusnya bisa menjadi motivasi umat islam untuk selalu shalat secara berjamaah. Dalam sebuah riwayat pernah dikatakan ada salah seorang sahabat dalam hidupnya selalu melakukan shalat
berjamaah dan pada suatu ketika seorang sahabat tersebut melewatkan shalat jamaah dimasjid. Karena merasa menyesal karena melewatkan shalat berjamaah sahabat tersebut melakukan shalat individu sebanyak dua puluh tujuh. Dan pada malam harinya dia bermimpi, dalam mimpinya dia menaiki kuda yang berlari kencang untuk mengejar rombongan umat islam yang berjalan kaki dimana rombongan tersebut adalah rombongan orang-orang yang biasa melakukan shalat jamaah dimasjid. Tetapi yang terjadi sekencang apapun dia memacu kudanya tetap tidak bisa mengejar rombongan orang-orang yang melakukan jamaah tersebut.

Yang kedua, dengan selalu melakukan shalat berjamaah, jalinan silaturahmi antara sesama umat islam dapat terjalin lebih erat. Dengan shalat berjamaah, umat islam akan selalu mengikuti gerakan-gerakan imam shalat, sehingga dapat menimbulkan sikap sama rasa diantara umat islam. Dan juga akan menghilangkan sikap saling memusuhi (jika mungkin sikap saling memusuhi itu ada) karena ketika bertemu dalam satu majlis (:tempat), umumnya mereka akan saling mengucap salam dan atau berjabat tangan sehingga hubungan antar umat islam dapat selalu terjaga dengan baik tanpa adanya permusuhan. Dan sebenarnya memang itulah perilaku yang selalu diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. yaitu hubungan baik antar umat manusia terutama antar sesama muslim. Agama islam juga selalu mengajarkan bahwa sesama umat islam itu adalah saudara, jadi alangkah tidak baiknya kita apabila kita sesama muslim saling bermusuhan dan saling menyalahkan antara yang satu dengan yang lain.

Yang ketiga, dengan shalat berjamaah kita akan terbiasa hidup disiplin, hal ini karena dengan shalat berjamaah terutama apabila shalat berjamaah tersebut dilakukan di masjid. Shalat berjamaah di masjid pasti dilakukan pada awal masuk waktu shalat dan dengan melakukan shalat jamaah di masjid secara rutin, kita akan terbiasa untuk melakukan shalat pada awal waktunya. Dan bisa jadi dengan kebiasaan itu kita juga menjadi disiplin dalam mengerjakan setiap tugas yang biasa kita lakukan setiap hari.

Yang keempat ,Dengan sholat berjamaah kita diajarkan  untuk hidup ,bekerjasama dan bergotong royong,dalam menjalani kehidupan di masyarakat,dengan bergotong royong semua pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan ringan,

Itulah beberapa atau mungkin hanya sebagian kecil kelebihan dan keutamaan shalat berjamaah. Semoga dengan tulisan ini dapat memotivasi pembaca untuk membiasakan diri dan lebih giat lagi melakukan shalat berjamaah setiap hari. Dalam islam selalu diajarkan bahwa umat muslim haruslah berlomba-lomba dalam kebaikan dan itulah yang seharusnya selalu kita usahakan.

2 komentar:

  1. HOT PROMO :
    ▶ Bonus New Member 10Rb dengan syarat Minimal Deposit 50rb
    ▶ Referal Terbesar : 2% !! Seumur Hidup
    ▶ Discount a dari 29% – 66%
    ▶ Roda Keberuntungan ( Bonus Spin dari Total Betting ) NEW!!!! Free maks JP = 500rb :)


    ▶ Livechat : https://goo.gl/1nRauX
    ▶ Pin BBM : D1A279B6/7B83E334(Full)
    ▶ Skype : Poin.4D
    ▶ WhatsApp : +85598291698
    ▶ Wechat : +85598291698
    ▶ Line : +85598291698
    togel online

    BalasHapus

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates