Strategi pengembangan motorik mencakup 3 bidang :
- Strategi pengembangan motorik kasar Bentuknya menyangkut seluruh otot tubuh dan kemampuan menggerakkan berbagai bagian tubuh atas perintah, mengontrol gerakan tubuh dalam hubungan dengan berbagai faktor yang berasal dari luar dan dari dalam seperti gaya berat dan lateralisasi. Manfaatnya adalah dengan mengembangkan kehalusan dan kelenturan, efektivitas gerak tubuh, meningkatkan kemampuan orientasi ruang, meningkatkan kesadaran tubuh Aktifitasnya berupa aktivitas berjalan, aktivitas Balok Keseimbangan, dan aktivitas motorik kasar lainnya.
AKTIVITAS BERJALAN
- Berjalan kedepan : Berjalan pada garis lurus atau menikung, berjalan pada lebar atau garis sempit, berjalan pelan – berjalan cepat/lari, berjalan bersepatu – tanpa sepatu.
- Berjalan Mundur : Berjalan Mundur
- Berjalan Menyamping : Menyamping ke kanan –kekiri, dengan satu kaki- menyilang kaki.
- Berjalan Bervariasi : Berjalan jinjit, berjalan sambil memungut benda, berjalan sambil menjatuhkan benda berjalan sambil memasukkan bola kekotak, berjalan dengan mata dipusatkan pada berbagai ruangan
- Berjalan Meniru Hewan: Berjalan seperti gajah, berjalan kelinci, berjalan kepiting, berjalan Bebek, berjalan cacing / ulat.
- Berjalan di Bulan : Berjalan meniru langkah-langkat astronot dibulan
- Steppingstones : Menempatkan benda-benda untuk pijakan kaki kanan atau kiri dengan warna atau huruf berbeda. Misalnya T untuk kaki kanan U untuk kiri. Merah kaki kanan kuning kiri.
- Permainan Kotak : Dilakukan dengan dua kotak ukuran sepatu, satu didepan satu di belakang, anak melangkah kotak depan dengan kedua kakinya, memidahkan kotak –kotak tersebut maju ke depan ke garis akhir.
- Berjalan pada garis : Dilakukan dengan terlebih dahulu membuat garis warna / tali warna di lantai dengan bentuk lengkung, bentuk siku, bentuk spiral.
- Jalan tangga : Berjalan dianak tangga maju, mundur, atau meloncat.
AKTIVITAS BALOK KESEIMBANGAN
Berupa papan datar berukuran 2×4 inci sepanjang 8 sampai 12 kaki. Dapat dibua lebar atau sempit. Meniti balok yang
sempit lebih sulit dari balok yang lebar. Letaknya harus dijaga agar tidak membahayakan anak.
Berupa papan datar berukuran 2×4 inci sepanjang 8 sampai 12 kaki. Dapat dibua lebar atau sempit. Meniti balok yang
sempit lebih sulit dari balok yang lebar. Letaknya harus dijaga agar tidak membahayakan anak.
- Berjalan ke depan : Meminta anak berjalan kedepan perlahan-lahan melintasi balok, berjalan dengan langkah biasa atau cepat.
- Berjalan Mundur : Berjalan mundur perlahan-lahan melintasi balok, berjalan dengan langkah biasa atau cepat.
- Berjalan Miring : Melewati balok menyamping ke kiri atau kekanan, atau dengan satu kaki menyilang ke kaki lain.
- Variasi yang lebih kompleks, menambah dengan aktivitas memutar, mengambil benda di papan, menjatuhkan bola kekotak, berjalan sambil menutup mata, atau berjalan sambil memusatkan pandangan kesuatu objek.
AKTIVITAS MOTORIK KASAR LAINNYA
- Papan Luncur : Penggunaan papan luncur dapat dilakukan denga telungkup, jongkok atau berdiri.
- Stan-up : Menyuruh anak berjongkok di lantai, kemudian diminta bersdiri, jongkok dan berdiri lagi secara berulang-ulang.
- Meloncat : Telapak kaki terpisah satu sama lain, sambil tangan diangkat keatas kepala,Variasi dapat dibuat dengan meloncat membuat seperempat putaran , setengah putaran, meloncat kekiri dan kekanan, kebarat ke timur dsb.
- Melambung : Dilakukan diatas trampolin, bedspring, mattres atau diatas ban truk besar (ban dalam).
- Lari Cepat Bertahap : Lari cepat diiringi oleh tepuk tangan atau musik ritmik, dan kecepatan dapat diubah-ubah dari lambat ke cepat atau dari cepat ke lambat.
- Permainan Simpai : Permainan simpai dapat dilakukan dengan berbagai ukuran. Simpai diputar pada tangan, kaki pinggang dan sebagainya.
2. Strategi Pengembangan Penghayatan dan Kesadaran Tubuh
Pengembangan penghayatan tubuh dapat dilakukan untuk tujuan meningkatkan penghayatan yang akurat tentang letak bagian-bagian tubuh dan fungsi mereka. Satrategi ini mencakup :
Bentuk dan Aktivitas:
Bentuk dan Aktivitas:
- Menunjuk Bagian Tubuh : Akan lebih sukar dilakukan dengan mata tertutup., dan mengikuti pola ritmik tertentu. Bagian yang ditunjuk dapat mencakup : hidung, siku kanan, pergelangan kaki kiri, dll
- Permainan Puzzle : Bentuk hewan dan manusia akan meningkatkan pemahaman tentang fungsi tubuh.
- Mencari bagian yang hilang : Menggunakan gambar orang atau hewan yang bagian-bagian tubuhnya dihilangkan.
- Menggambar seukuran tubuh : Meminta anak tergeletak dilantai yang dialasi selembar kertas lebar. Diatas kertas melakukan tracing sekitar tubuh, dan selanjutnya mewarnai pakaian dan sebagainya dapat menjadi saran penghayatan dan kesadaran aktivitas tubuh.
- Meraba perbagai bagian tubuh
- Permainan pantomim
- Mengikuti perintah : Meletakkan tangan kiri diatas mata kanan, Tangan kanan diatas pundak kiri, Meletakkan tangan kanan didepan tangan kiri, memutar kekanan, berjalan dua langkah kekiri kemudian memutar kekiri dan sebagainya.
- Membuat Estimasi : Meminta anak memperkirakan banyaknya langkah yang akan dibuat untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
- Ekspresi Wajah
- Aktivitas Air : Dilakukan di kolam renang dengan mengapung dipermukaan air, meluncur, dan berenang merupakan pengembangan motorik yang sangat baik.
0 komentar:
Posting Komentar