Sabtu, 09 Februari 2013

0 Hal - hal yang sering diabaikan dalam membuat surat lamaran kerja



Surat lamaran kerja yang efektif adalah langkah dasar jika ingin diterima di sebuah perusahaan impian. Tetapi kebanyakan orang sering mengabaikan lima berikut ini.
Profil singkatSebuah profil singkat atau ringkasan sebenarnya bisa diletakkan sebelum isi surat lamaran kerja. Di situ, Anda sebaiknya menyebutkan kekuatan dan pengalaman dalam beberapa kalimat atau poin yang jelas. Profil singkat yang baik akan memberikan gambaran dasar tentang bagaimana Anda dan perusahaan juga akan tertarik melihat lebih jauh tentang kelebihan yang Anda miliki.
Daftar keberhasilanKebanyakan orang hanya menulis pekerjaan sebelumnya dalam surat lamaran kerja mereka. Padahal ada hal yang lebih penting, yaitu menyebutkan daftar keberhasilan dan pencapaian Anda saat itu. Jadi selain menulis 'telah menjabat sebagai manajer selama sekian tahun,' tambahkan pula 'berhasil meningkatkan keuntungan perusahaan sebesar 15 persen' dalam surat lamaran.
Pekerjaan sebagai relawanOrang yang melamar kerja jarang mau menyebutkan jenis pekerjaan sebagai relawan dalam surat lamaran kerja mereka. Sebab pekerjaan sukarela tanpa gaji dianggap tidak akan memberikan poin khusus saat melamar kerja. Padahal, perusahaan ingin tahu segala bentuk pengalaman yang sudah pernah dilakukan oleh calon pegawai. Tidak peduli apakah pekerjaan itu sebelumnya dilakukan secara sukarela atau tidak.
Hobi yang mendukungMemang tidak semua hobi bisa ditulis dalam surat lamaran kerja. Tetapi jika hobi tersebut berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar, tidak ada salahnya untuk mencantumkan keterangan yang jelas soal itu. Terutama jika Anda pernah menyelesaikan sebuah proyek yang meningkatkan pengalaman di bidang tertentu.
Bentuk paragrafJika ingin perusahaan cepat memahami dan terkesan dengan surat lamaran Anda, hindari penggunaan kalimat dalam bentuk paragraf. Sebaiknya sebutkan dalam poin karena paragraf panjang cenderung membuat pembaca menjadi malas untuk menyelesaikannya hingga akhir.
Demikian kelima hal yang yang sering diabaikan dalam surat lamaran kerja.
 Jangan sampai Anda melakukannya ya!

0 komentar:

Posting Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates