Rabu, 30 Januari 2013

0 5 Manfaat Air Bagi Kesehatan Tubuh


Faktanya, tidak ada penyakit—terutama penyakit-penyakit infeksi—yang bisa sembuhtanpa diberi bahan tertentu (alami atau sintetik) yang memang berkhasiat obat. Mengapa?
Penyakit-penyakit infeksi disebabkan oleh makhluk hidup (virus, bakteri, jamur, protozoa, atau cacing). Untuk bisa hidup dan berkembang biak semua makhluk hidup itu butuh air. Oleh sebab itu, dengan logika sederhana saja, konsumsi  air justru akan membuat beragam kuman tadi lebih mampu bertahan.

Sikap paling bijak menyangkut air adalah memandang dan menggunakan air sebagaimana adanya. Yaitu air sebagai pelarut, air sebagai media transport zat lintas sel, air sebagai pengatur kekentalan cairan tubuh, dan air sebagai pengatur suhu tubuh. Titik!
Penuhi kebutuhan air tubuh secara wajar agar fungsi fisiologis berjalan normal dan lancar. Tetapi, tidak perlu tergoda dengan aneka brosur yang menawarkan  “air ajaib”yang diklaim bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit.


Kekurangan air dalam tubuh bisa membahayakan kesehatan. Orang yang mengalami dehidrasi memiliki beberapa tanda yang bisa dirasakan. Misalnya, mereka mengalami kesulitan berkonsentrasi, kulit kering, sakit kepala, dan sebagainya. Selain itu, dehidrasi dapat menyebabkan peredaran kurang lancar.
Tidak ada patokan yang tepat tentang jumlah cairan yang diperlukan tubuh. Saran yang banyak ditemukan, sebaiknya seseorang minum sekitar 6-8 gelas sehari. Tapi, ada pedoman yang bisa diterapkan, yaitu 30 ml air per kilogram berat badan yang dimiliki seseorang. Kalau Anda punya berat badan 50 kilogram, maka kebutuhan air untuk tubuh minimal 1.500 ml atau 1,5 liter. Kebutuhan terhadap air juga dipengaruhi oleh aktivitas harian. Kalau aktivitas cukup tinggi, maka kebutuhan air juga lebih banyak.
Cairan bukan hanya air minum. Kuah sayur, air dari buah-buahan, dan sebagainya juga termasuk cairan yang dimanfaatkan tubuh agar tidak dehidrasi. Banyak sedikitnya cairan dalam tubuh berpengaruh banyak bagi tubuh. Ada lima fakta yang tentang cara air mempengaruhi kesehatan:
1. Air bisa dikonsumsi dengan cara yang lebih nikmat dan kaya dengan zat-zat bergizi. Pasalnya, Anda bisa mendapatkan air dari buah-buahan yang kaya air. Misalnya, buah tomat, semangka, nanas, jeruk, dan sebagainya. Bukan air saja yang didapatkan, melainkan juga vitamin, mineral, hingga antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Dan, air juga bisa didapatkan dengan mengolahnya bersama bahan pangan lain, seperti sayuran.
2. Air membantu seseorang yang mempunyai program penurunan berat badan. Dengan meminum air 30 menit sebelum makan,dapat menekan nafsu makan berlebihan. Memang efeknya tidak langsung didapatkan. Dalam jangka panjang, penurunan berat badan mungkin baru akan terlihat. Dengan mengimbangi bersama olahraga, tidak ngemil berlebihan, dan menerapkan gaya hidup sehat, penurunan berat badan bisa berlangsung lebih cepat dengan cara yang sehat.
3. Air memberikan pemeliharaan tubuh secara keseluruhan. Perannya bisa berpengaruh pada berbagai hal, termasuk pada aktivitas sel tubuh. Selain penghilang dahaga, minum air akan mengatur suhu tubuh, membantu pembuangan residu di ginjal, melembabkan membran mukosa, memperlancar pencernaan, melumasi sendi-sendi, mempertahankan keenceran darah, dan melembabkan kulit.
4. Air memberikan pencegahan terhadap penyakit. Air yang masuk ke tubuh bisa melunakkan tinja dan mempermudah mengeluarkannya, sehingga mencegah sembelit dan wasir. Air juga mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Kulit tidak mudah menua karena selalu lembab dengan air. Selain itu, air memberikan perlindungan dari infeksi dan alergi yang menyerang selaput lendir tenggorokan, hidung, mata, dan sebagainya. Paling utama, minum air yang cukup mencegah dehidrasi.
5. Air dapat mengembalikan energi tubuh yang hilang. Selama kebutuhan air tercukupi, proses metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik. Pembakaran lemak atau protein menjadi energi dapat berlangsung secara kontinyu.


sumber: berbagai sumber ,mamaku terhebatblogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates