Jumat, 16 November 2012

0 KHASIAT DAUN MIMBA


BANYAK orang di India menggunakan mimba untuk membersihkan gigi, mengobati sakit kulit dan sebagai suplemen makanan. Bahkan ada yang menganggapnya sebagai obat kuat setara dengan ginseng dari Korea.
Di Thailand daun mimba muda sering dikonsumsi dijadikan sayuran dan dipercaya memberi dampak positif bagi kesehatan. Sementara itu, di Asia dan Afrika daun mimba sudah banyak digunakan sebagai obat tradisonal untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit.
Sebagai obat tradisonal, ada yang memanfaatkan daun mimba sebagai obat kulit. Seperti exim, kudis dan gatal-gatal. Caranya, air yang telah dicampur dengan daun mimba digunakan untuk mandi.
Daun mimba juga dapat digunakan untuk menyembuhkan perut kembung dan susah buang air besar. Pernah dilaporkan juga bahwa orang yang meminum seduhan daun mimba, sedikit melebihi dosis bisa mengalami ereksi sangat lama.
Saat ini, khususnya Jawa barat dan Jawa tengah penggunaan mimba sebagai obat tradisonal sudah menjamur. Misalnya di daerah Bandung, Tasikmalaya, Ciamis dan di sekitar daerah Semarang dan Yogyakarta.
Di daerah tersebut daun mimba dijual dengan harga relative mahal. Tujuh lembar daun mimba kering dijual dengan harga Rp1.000-3.000, bahkan bibitnya laku Rp5.000-50.000 per pohon. Mimba kering tersebut sudah dikemas dan dilengkapi petunjuk penggunaannya, serta jenis-jenis penyakit yang bisa disembuhkan.
Hingga kini belum diperoleh informasi biji mimba sebagai obat tradisonal. Hanya baru bagian daun yang dimanfaatkan sebagai obat tradisonal.

0 komentar:

Posting Komentar

 

ekoqren Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates